Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Kini banyak perusahaan yang sudah meng-legalkan calon karyawan untuk membuat dan mengirim surat lamaran kerja via email. Melalui metode ini perusahaan tidak perlu menyediakan banyak waktu dan daerah untuk perekrutan sedangkan bagi calon karyawan tidak perlu repot-repot mendatangi perusahaan daerah melamar kerja.
Dengan kata lain cara mengirim surat lamaran kerja via email menyerupai ini sangat menunjukkan keuntungan di kedua belah pihak. Keuntungan dalam hal irit waktu sebab yaitu pengiriman cepat sampai ke tujuan, Hemat biaya sebab yaitu tidak perlu mendatangi daerah pelamaran.
Dari beberapa keuntungan di atas, ada kendala yang sering dihadapi calon pegawai yaitu tidak tahu cara kirim surat lamaran kerja via email, Selain itu sikap ragu-ragu atau takut salah menduduki peringkat paling atas sebagai penyebab enggannya para pegawai menggunakan kemudahan email.
Oleh sebab yaitu itu untuk membantu calon pegawai yang tidak tahu caranya maka saya akan berikan langkah persiapan sampai pola surat lamaran kerja via email. Berikut ini langkah-langkahnya :
1. Sebagai langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengirim surat lamaran kerja lewat email yaitu menyiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat lamaran kerja, Antara lain :
Scan kelengkapan di atas dan simpan file ke dalam Flashdisk / Harddisk atau media lainnya. File inilah yang nantinya akan diupload ke dalam email. Usahakan ukuran file yang sudah discan tidaklah terlalu besar sebab yaitu akan membuat proses upload menjadi lebih lama.
2. Pastikan punya akun email
Saat mengirim email sebaiknya menggunakan email sendiri, Bila menggunakan email milik orang lain tentu akan menunjukkan imbas terlihat tidak profesionalnya Anda. Jadi pastikan Anda punya akun email. Bila belum memiliki, Anda mampu membuatnya dengan panduan artikel Cara Membuat Email Baru Gmail dan Yahoo Indonesia
Setelah yakin sudah siap seluruh persyaratan, Silahkan klik "Kirim" yang akan mengirim surat lamaran kerja via email Anda ke Perusahaan yang menjadi tujuan.
Dari pola surat lamaran kerja via email di atas, boleh dikatakan tidak ada perbedaan dengan pembuatan surat lamaran kerja yang dibuat di kertas biasa (tradisional).
Demikian contoh surat lamaran kerja via email, Semoga mampu menunjukkan manfaat.
Sumber https://www.imaginepennhills.com
Dengan kata lain cara mengirim surat lamaran kerja via email menyerupai ini sangat menunjukkan keuntungan di kedua belah pihak. Keuntungan dalam hal irit waktu sebab yaitu pengiriman cepat sampai ke tujuan, Hemat biaya sebab yaitu tidak perlu mendatangi daerah pelamaran.
Dari beberapa keuntungan di atas, ada kendala yang sering dihadapi calon pegawai yaitu tidak tahu cara kirim surat lamaran kerja via email, Selain itu sikap ragu-ragu atau takut salah menduduki peringkat paling atas sebagai penyebab enggannya para pegawai menggunakan kemudahan email.
Oleh sebab yaitu itu untuk membantu calon pegawai yang tidak tahu caranya maka saya akan berikan langkah persiapan sampai pola surat lamaran kerja via email. Berikut ini langkah-langkahnya :
contoh surat lamaran kerja via email |
Persiapan Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email
1. Sebagai langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengirim surat lamaran kerja lewat email yaitu menyiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat lamaran kerja, Antara lain :
- Buat surat lamaran kerja, boleh ditulis langsung di email ( lihat gambar di bawah ) atau dalam bentuk file di MS. Word, Notepad, dan lain-lain yang nantinya mampu diupload. Baca juga artikel Contoh Surat Lamaran Kerja yang Terbaik
- Buat Daftar Riwayat Hidup ( Curriculum Vitae ) , Silahkan baca juga artikel Contoh Curriculum Vitae (CV) Surat Riwayat Hidup Lamaran Kerja
- Ijasah
- Sertifikat
- KTP
- Pasfoto
- Surat - surat lain ( jika diminta perusahaan daerah melamar kerja )
Scan kelengkapan di atas dan simpan file ke dalam Flashdisk / Harddisk atau media lainnya. File inilah yang nantinya akan diupload ke dalam email. Usahakan ukuran file yang sudah discan tidaklah terlalu besar sebab yaitu akan membuat proses upload menjadi lebih lama.
Catatan : Jika tidak mempunyai scanner, Anda mampu mendatangi warnet-warnet terdekat yang biasanya menyediakan kemudahan scan
2. Pastikan punya akun email
Saat mengirim email sebaiknya menggunakan email sendiri, Bila menggunakan email milik orang lain tentu akan menunjukkan imbas terlihat tidak profesionalnya Anda. Jadi pastikan Anda punya akun email. Bila belum memiliki, Anda mampu membuatnya dengan panduan artikel Cara Membuat Email Baru Gmail dan Yahoo Indonesia
Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email
Untuk melihat pola surat lamaran kerja via email, Berikut ini saya tampilkan gambar email yang sudah berisi surat lamaran kerja.
Bagian no 1. yaitu alamat email perusahaan yang dituju, di pecahan ini harus di isi dengan benar, Jika salah sedikit saja maka lamaran kerja yang dikirim tidak akan sampai ke tujuan.
Bagian no. 2 yaitu subjek email, isikan bidang ini kata lamaran kerja dan pecahan yang ingin ditempati. Apabila pecahan ini diberikan kode dari perusahaan (misalnya "Lamaran Kerja Administrasi - LKA002" ) maka isikan kolom 2 ini dengan kode tersebut.
Sedangkan nomor 3. yaitu bidang untuk menulis lamaran kerja Anda. Tetapi jika Anda sudah menulis lamaran kerja dalam bentuk file maka hanya perlu lakukan upload saja dengan klik pecahan yang ditunjukkan kotak berwarna merah. Di pecahan ini juga Anda mampu gunakan untuk meng-upload file - file kelengkapan lainnya.
Setelah yakin sudah siap seluruh persyaratan, Silahkan klik "Kirim" yang akan mengirim surat lamaran kerja via email Anda ke Perusahaan yang menjadi tujuan.
Dari pola surat lamaran kerja via email di atas, boleh dikatakan tidak ada perbedaan dengan pembuatan surat lamaran kerja yang dibuat di kertas biasa (tradisional).
Demikian contoh surat lamaran kerja via email, Semoga mampu menunjukkan manfaat.