-->

Rangkuman Bahan Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia


Rangkuman Kelas 3 SD Kurikulum 2013 K13 - Selamat tiba di blog Kurikulum 2013 revisi Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Rangkuman Materi Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu Bapak/Ibu guru pahami bersama bahwa pada Kurikulum 2013 hasil revisi terbaru. Salah satu ciri makhluk hidup yaitu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Kita bisa melihat pertumbuhan kita dari kecil hingga duduk di dingklik kelas 3. Apakah kau pernah melihat pertumbuhan tinggi badanmu? Apakah kau pernah melihat foto semasih duduk dibangku TK/PAUD hingga SD?

Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Rangkuman Materi Tematik Kelas  Rangkuman Materi Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

*) perhatikan gambar pada buku siswa halaman 52.

Perubahan yang dialami Udin hingga ketika ini yaitu mengalami perubahan dari tidak bisa berjalan menjadi bisa berjalan.

Perubahan yang dialami Udin semenjak bayi hingga ketika ini yaitu mengalami pertumbuhan fisik.

Manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Saat masih bayi kita mempunyai ukuran tubuh yang kecil. Bahkan kita juga tidak mempunyai kekuatan untuk berlari dan melaksanakan sesuatu tanpa pemberian orang lain.

Saat masih kecil, ibu selalu membantu kita untuk mencar ilmu berdiri. Bahkan untuk makan pun ibu masih menyuapi kita. Namun, seiring dengan waktu kita mulai berkembang dan mempunyai kemampuan untuk berjalan dan bermain.

Inilah salah satu ciri dari pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Semakin kita tumbuh maka kekuatan otot kita akan semakin baik. Sehingga kita bisa melaksanakan banyak sekali aktifitas termasuk melaksanakan acara menari.

Ayo siapa yang suka menari? Kalau kalian suka ayo kita coba gerakan tarian sederhana berikut ini.

Gerakan pertama yaitu mengangkat tangan kanan, kemudian tangan kiri. Angkat tangan dengan berpengaruh ibarat sedang mengangkat beban.

Gerakan kedua yaitu turunkan kedua tangan secara perlahan. Kedua tangan diturunkan sambil menggerakkan jari-jari tangan menirukan air hujanturun.

Gerakan ketiga yaitu rentangkan kedua tangan ke samping. Lalu, bengkokkan sehingga membentuk abjad “U”.

Gerakan keempat yaitu gerakan memutar pergelangan tangan secara perlahan-lahan.

Gerakan kelima yaitu mengacungkan tangan ke depan dengan kuat. Lalu, membalikkan kedua telapak tangan dengan arah yang berbeda.

Gerakan keenam yaitu bertepuk tangan. Tepuk tangan sanggup divariasikan dari gerakan yang lemah hingga kuat. Misalnya bertepuk dengan dua jari, empat jari, enam jari, delapan jari, dan terakhir sepuluh jari.

Menghargai Perbedaan.
Ayo... coba amati kondisi teman-teman sekelasmu. Apakah ada kesamaan antara kau dan mereka?

Dimana letak persamaan dan perbedaanya? Ya benar sekali, kita sebagai insan mempunyai kesamaan dan ada juga beberapa perbedaan. Salah satu yang nampak terlihat yaitu perbedaan petumbuhan diantara kita.

Ada anak yang dikarunia tubuh yang cukup tinggi, dan ada juga anak yang tidak terlalu tinggi. Pertumbuhan itu merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut kita syukuri.

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh makanan, kebiasaan olahraga, dan faktor yang diturunkan oleh orang tua.
Tuhan membuat banyak sekali macam makhluk hidup berbeda-beda. Perbedaan ini yaitu karunia Tuhan. Kita harus saling menghargai dan
menghormati perbedaan.


Makara ketika melihat temanmu yang tidak bisa menjangkau bola yang ada diatas meja, alasannya yaitu tinggi badannya kurang, maka apa yang kalian akan lakukan?

Ya benar sekali, kita harus membantu sahabat tersebut untuk mengambilnya dan bukan menertawakan kekurangan tinggi bada mereka.

Jika melihat orang renta membawa barang belanjaan yang berat, apa yang kita lakukan? Ya benar sekali kita bisa membantunya dengan membawa sedikit barang belanjaannya sesuai dengan kekuatan kita.

Sikap tersebut sesuai dengan pengamalan sila kedua Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan berdab dengan simbol rantai.

Makanan Sehat yang Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh


Berikut masakan yang menyehatkan dan bergizi.
a. Makanan pokok, contohnya nasi, kentang, jagung, roti, ubi, dan sagu.
b. Lauk-pauk, contohnya daging, ikan, tahu, tempe, telur, dan cumi.
c. Sayur-sayuran, contohnya kangkung, bayam, wortel, dan buncis.
d. Buah-buahan, contohnya jeruk, apel, anggur, pisang, dan jambu.
e. Susu, contohnya susu sapi dan susu kambing.

Protein terdiri atas 2 jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein
hewani yaitu protein yang berasal dari hewan, misalkan ikan, daging, susu, keju, dan telur. Protein nabati yaitu protein yang berasal dari tumbuhtumbuhan, misalkan tempe dan tahu.


Buah-buahan sanggup kita temui dengan gampang di pasar atau penjual buah di sekitar kita.
Banyak petani melaksanakan perkembangbiakan buatan untuk buah-buah. Hal tersebut dilakukan
biar sanggup menghasilkan buah yang banyak dalam waktu singkat.

Demikian artikel Kurikulum 2013 revisi terbaru, terkait dengan Rangkuman Materi Tematik Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Sumber https://www.imaginepennhills.com
LihatTutupKomentar