-->

Soal Uh/Ph/Pts Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018


Bank Soal SD Kurikulum 2013 K13 - Selamat tiba di blog Kurikulum2013 revisi Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Soal UH/PH/PTS Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu Bapak/Ibu guru pahami bersama bahwa pada Kurikulum 2013 hasil revisi terbaru. Selamat berjumpa kembali teman pembaca yang budiman. Kali ini edisi artikel yang akan saya bagikan terkait degan soal ulangan harian kelas 6 untuk subtema 2.

Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Soal UH Soal UH/PH/PTS Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Penilaian harian Kurikulum 2013 Revisi merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh guru dalam mengukur hasil mencar ilmu penerima didik di jenjang pendidikan tersebut. Ulangan harian untuk pembelajaran tematik kurikulum 2013 dilaksanakan sesudah merampungkan satu buah subtema yang terdiri dari 6 kali pembelajaran.
Dimana menyerupai kita ketahui, untuk setiap pembelajaran dialokasikan bisa diselesaikan oleh guru untuk satu kali pertemuan. Semua itu kembali pada kondisi sekolah masing-masing, sehingga ada guru yang mungkin tidak bisa merampungkan satu pembelajaran untuk satu hari maka akan dilanjutkan esok harinya.

Penilaian harian yang dilakukan oleh guru tentunya selalu mengacu pada kompetensi dasar (KD) yang telah dibelajarkan pada subtema tersebut. Untuk tema 1 subtema 2 kelas 6 membahas beberapa kompetensi dasar (KD) dalam setiap mata pelajaran. Untuk soal ulangan harian ini saya akan membagikan soal yang memuat beberapa materi pelajaran diantaranya PKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, SBK dan Matematika. Untuk mata pelajaran PJOK saya akan pisahkan sebab diampu oleh guru matapelajaran PJOK dan bukan guru kelas.

Adapun kompetensi dasar yang muncul pada tema 1 subtema 2 di kelas 6 kurikulum 2013 ialah sebagai berikut :

Mata Pelajaran PKN :

3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehdupan sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil analisis pelaksanaan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia :

3.1 Menyimpulkan warta menurut teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
4.1 Menyajikan final secara mulut dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau wawancara yang diperkuat oleh bukti.

Mata pelajaran IPA :

3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
4.1 Menyajikan karya perihal perkembangangbiakan tumbuhan.

Mata pelajaran IPS :

3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN.

Mata pelajaran SBdP

3.4 Memahami patung.
4.4 Membuat patung

Mata pelajaran Matematika

3.3 Menjelaskan dan melaksanakan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi.
4.3 Menyelesaikan duduk masalah yang berkaitan operasi hitung gabungan yang melibatkan bilangan cacah, pecahan dan/ atau desimal dalam banyak sekali bentuk sesuai urutan operasi


Demikian susunan kompetensi dasar yang dibelajarkan pada tema 1 subtema 2 kelas 6 kurikulum 2013. Langsung saja berikut ini pola soal yang bisa anda download dalam melaksanakan aktivitas ulangan harian di kelas 6 sesuai dengan kurikulum 2013.

Soal ulangan harian tema 1 subtema 2 kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi revisi 2018


1. Sila keempat Pancasila berlambangkan . . . .
A. Bulan dan Bintang
B. Padi Kapas
C. Beringin
D. Kepala banteng

2. Dalam berdiskusi kita sebaiknya tidak . . . .
A. mendengarkan pendapat orang lain
B. mengajukan interuksi dengan lantang
C. memberikan pendapat dengan sopan
D. menentukan pendapat sobat yang menguntungkan

3. Menyelesaikan segala permasalahan melalui musyawarah merupakan cerminan dari pengalaman sila . . . Pancasila.
A. kesatu
B. kedua
C. ketiga
D. keempat


4. Dalam bermusyawarah sebaiknya kita lebih memperhatikan kepentingan . . . .
A. pribadi
B. orang banyak
C. Golongan
D. individu

5. Pelaksanaan pengamalan perilaku yang sesuai dengan sila ke-empat Pancasila dalam lingkungan sekolah terlihat dalam . . . .
A. melaksanakan doa
B. menjenguk sobat sakit
C. membantu pengemis
D. menentukan ketua kelas

6.  Bacalah wacana berikut ini !
Setiap binatang mempunyai cara perkembangbiakannya sediri. Semua itu merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai insan kita harus bisa menjaga dan melestarikan keberadaan makhluk hidup, sebab makhluk hidup banyak berjada pada kehidupan kita. Mulai dari membajak sawah dengan kerbau, dan nutrisi gizi yang kita peroleh juga berasal dari hewan.

Kesimpulan dari bacaan diatas adalah.....
A. Hewan berkembangbiak dengan banyak cara
B. Hewan banyak membantu manusia
C. Kita harus melestsrikan keberadaan hewan
D. Hewan membantu kita untuk membajak sawah

7. Bacalah bacaan dibawah ini !
Indonesia mengekspor hasil bumi menyerupai timah, tembaga, besi, minyak,
gas, dan nikel. Selain itu, Indonesia menghasilkan pupuk, tapioka, karet,
kopi, kelapa sawit, dan tembakau. Ikan tuna, udang, dan teh juga diekspor
ke negara lain.

Kesimpulan yang sempurna untuk bacaan tersebut diatas adalah....
A. Indonesia negara yang kaya
B. Indonesia bisa membeli materi baku
C. Ekspor Iindonesia sangat banyak
D. Ekspor Indonesia mulai dari materi tambang dan lainnya

8. Bacalah bacaan dibawah ini !
Kebersamaan masyarakat di Desa Maju Jaya memang tidak bisa diragukan lagi. Setiap hari ahad warga desa selalu melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan desa. Tidak hanya diikuti oleh warga desa saja akan tetapi seluruh siswa yang bersekolah di lingkungan Desa Maju Jaya turut ambil bagian. Bahkan setiap akan melaksanakan aktivitas besar lainnya, seluruh pengurus desa melaksanakan rapat bersama, semoga aktivitas tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Kesimpulan yang sempurna untuk bacaan tersebut adalah....
A. Warga Desa Maju Jaya melaksanakan nilai Pancasila dengan baik
B. Tidak terjadi keributan antara warga desa yang tinggal di Maju Jaya
C. Kerjasama warga desa sangat bagik di lingkungan desa
D. Pengurus desa melaksanakan musyawarah dalam merencanakan kegiatan

9. Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur disebut....
A. ovovipar
B. vivipar
C. ovovivipar
D. ovarium

10.  Contoh binatang dibawah ini yang berkembangbiak dengan cara beranak adalah....
A. kucing dan ayam
B. angsa dan burung
C. kelelawar dan anjing
D. buaya dan cicak

11. Hewan tidak mempunyai daun pendengaran dan kelenjar susu, ciri fisik binatang tersebut membuktikan bahwa berkembangbiak dengan cara....
A. beranak
B. bertelur
C. bertelur dan beranak
D. tidak berkembangbiak

12. Rusa dan cicak merupakan pola binatang yang berkembangbiak dengan cara....
A. vivipar dan ovovivipar
B. Vivipar dan ovovipar
C. vivipar dan vivipar
D. ovovipar dan vivipar

13. Kelompok binatang manakah berikut ini yang berkembangbiak denggan cara ovovivipar!
A. buaya dan kadal
B. ayam dan ikan
C. burung dan kura-kura
D. rusa dan kambing

14. Berikut ini merupakan binatang yang bekembangbiakan dengan cara bertelur yaitu ....
a. itik, angsa, dan bebek
b. hiu, ayam, dan cicak
c. kera, bebek, dan ayam
d. angsa, bebek, dan kelinci

15. Perkembangbiakan secara bertelur dan beranak dinamakan juga dengan perkembangbiakan ....
a. Spora
b. Vivipar
c. Ovipar
d. Ovovivipar

16. Berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 didasarkan pada.....
A.Protokol Brunei Darusalam 1967
B. Persetujuan Manila 1967
C. Deklarasi Bersama Jakarta 1967
D. Persetujuan Bangkok 1967

17.  Mata uang negara Singapura ialah ....
    a. Dong
    b. Dollar Singapura
    c. Baht
    d. Rupee

18.  Negara anggota ASEAN yang belum pernah mengalami penjajahan ialah ....
    a. Myanmar
    b. Indonesia
    c. Kamboja
    d. Thailand

19. Negara yang menerima julukan lumbung Asia Tenggara ialah . . .
A. Filipina
B. Indonesia
C. Thailand
D. Myanmar

20.  Ibu Kota Negara Malaysia adalah…….
a.   Selangor 
 b. Bangkok  
 c.  Kualalumpur     
 d.  Singapura

Demikian artikel Kurikulum 2013revisi terbaru, terkait dengan Soal UH/PH/PTS Tema 1 Subtema 2 Kelas 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi terbaru Tahun Pelajaran 2018/2019
Sumber https://www.imaginepennhills.com
LihatTutupKomentar