-->

Rangkuman Bahan Kelas 5 Sd/Mi Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Binatang


Rangkuman Materi Kelas 5 SD Kurikulum 2013 K13 - Selamat tiba di blog Kurikulum 2013 revisi Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Rangkuman Materi Kelas 5 SD/MI  Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan  Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Perlu Bapak/Ibu guru pahami bersama bahwa pada Kurikulum 2013 hasil revisi terbaru. Pembelajaran pada tema 1 kelas 5 SD/Mi berjudul Organ Gerak Hewan dan Manusia. Dalam Pembelajaran ini siswa dibelajarkan  beberapa hal terkait dengan kompetensi dasar di masing-masing subtema. Pembelajaran di subtema 1 ini terdiri dari 6 pembelajaran, pada kesempatan ini aku akan membagikan ringkasan bahan yang sanggup mempermudahkan Bapak/Ibu Guru dalam membelajarkan siswanya di kelas.

Pada Post kali ini admin bakal share mengenai Rangkuman Materi Kelas  Rangkuman Materi Kelas 5 SD/MI  Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pendalaman Materi IPA, Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang bisa bergerak. Alat gerak yang dimiliki binatang sangat berbeda, tergantung dari habitat daerah tinggalnya.

Hewan yang habitatnya di air akan berbeba alat geraknya dengan binatang yang hidup di darat. Alat gerak binatang terdiri dari alat gerak aktif dan pasif. Alat gerak pasif mencakup pasif, sedangkan alat gerak aktif terdiri dari otot.

Otot disebut sebagai alat gerak aktif alasannya yaitu otot sanggup bergerak, sedangkan tulang disebut alat gerak pasif alasannya yaitu tidak bisa bergerak tanpa adanya otot.

Alat gerak binatang dan fungsinya.
Setiap binatang mempunyai alat gerak yang diubahsuaikan dengan habitat daerah tinggalnya. Berikut ini pola jenis binatang , alat gerak dan fungsinya .


No
Hewan
Alat Gerak
Fungsinya
1
Ayam
Sayap dan Kaki
Terbang dan berjalan
2.
Katak
Kaki
Berenang, melompat, berjalan
3.
Reptil
Kaki, perut,
Berjalan, merayap, memanjat, dan berenang
4.
Burung
Sayap, kaki dan ekor
Terbang, berjalan, bertengger dan berenang
5
Mamalia
Kaki, sirip
Berjalan, berlari, melompat dan berenang.

Pendalaman Materi Bahasa Indonesia, Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Dalam pembelajaran subtema 1 Organ Gerak Hewan, untuk muatan bahan Bahasa Indonesia, lebih banyak siswa dibelajarkan dengan pengetahuan dan keterampilan menemukan wangsit pokok dan kalimat pengembang.

Berikut ini beberapa pola paragraf yang disertai dengan wangsit pokok dan kalimat pengembangnya yang bisa anda jadikan sebagai pola dalam membelajarkan siswa kelas 5 wacana bahan menemukan wangsit pokok dalam sebuah paragraf.

Kucing merupakan jenis binatang karnivora yang lucu. Beberapa jenis binatang pemakan daging sangat menyeramkan. Misalnya saja, harimau dan singa. Kedua pola binatang tersebut memakan daging dengan buas. Berbeda dengan kucing yang hidup di lingkungan perumahan. Bulunya yang lebat dan ukurannya yang tidak sebesar hariamu, menciptakan binatang karnivora ini banyak dipelihara di perumahan.

Dari paragraf tersebut diatas sanggup ditemukan wangsit pokok dan kalimat penjelasnya yaitu sebagai berikut :

Ide pokok paragraf :  Kucing binatang karnivora yang lucu.

Kalimat pengembang :  Beberapa jenis binatang pemakan daging sangat menyeramkan, Misalnya saja, harimau dan singa, Kedua pola binatang tersebut memakan daging dengan buas, . Berbeda dengan kucing yang hidup di lingkungan perumahan, Bulunya yang lebat dan ukurannya yang tidak sebesar hariamu, menciptakan binatang karnivora ini banyak dipelihara di perumahan.

Pendalaman Materi IPS, Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pembelajaran muatan IPS di kelas 5 SD/MI pada subtema 1 lebih banyak menekankan pada pengenalan kondisi geografis Indonesia. Siswa dibelajarkan wacana latak astronomis dan letak geogrsfis Indonesia. Letak Geografis yaitu letak menurut kondisi kenyataannya di permukaan bumi. Sedangkan letak astronimis yaitu letak suatu wilayah dilihat dari posisinya dari garis lintang dan garis bujur.

Letak astronomis indonesia yaitu diantara 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BT, sedangkan letak geografis  Indonesia berada Benua Asia dan benua australia serta diantara samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Pendalaman Materi SBdP, subtema 1 Organ Gerak Hewan

Pembelajaran muatan SBdP di subtema 1 dibelajarkan wacana menciptakan gambar cerita. Adapun langkah-langkah dalam menciptakan gambar dongeng yaitu sebagai berikut :
Menentukan ide, menciptakan bagan dan pewarnaan.

Demikian artikel Kurikulum 2013 revisi terbaru, terkait dengan Rangkuman Materi Kelas 5 SD/MI  Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan

Sumber https://www.imaginepennhills.com
LihatTutupKomentar