Sahabat Blog Pendidikan Terbaru khususnya mengenai RPP Kurikulum 2013 Buku K13 Revisi Terbaru, Soal Biologi perihal Ruang Lingkup Biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja, serta karir berbasis biologi akan Admin bagikan dalam artikel ini. Dalam soal ini, sudah Admin sediakan kunci balasan soal, sehingga bisa membantu pembaca dalam mengerjakan soal.
Adapun materi yang dipakai sebagai dasar dalam penyusunan sial atau pertanyaan ini antara lain : 1). Berbagai permasalahan biologi pada objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
2) Berbagai cabang ilmu biologi dan hubungannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3) Manfaat mempelajari ilmu biologi untuk diri sendiri dan lingkungan, serta peradapan bangsa.
4) Keselamatan Kerja.
5) Metode Ilmiah.
Pada Soal perihal Ruang Lingkup Biologi siswa diperlukan bisa :
1.Menjelaskan karakteristik umum sains.
2.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
3.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
4.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
5.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
6.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat molekul hingga sistem organ individu.
7.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat individu hingga bioma
8.Memberikan tumpuan dilema biologi pada banyak sekali tingkat organisasi kehidupan
9.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
10.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan spesialis biologi.
11.Memberikan tumpuan pemecahan dilema biologi dengan metoda ilmiah
12.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan dilema dengan metoda ilmiah.
13.Menjelaskan karakteristik umum sains.
14.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
15.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
16.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
17.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
18.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat molekul hingga sistem organ individu.
19.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat individu hingga bioma
20.Memberikan tumpuan dilema biologi pada banyak sekali tingkat organisasi kehidupan
21.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
22.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan spesialis biologi.
23.Memberikan tumpuan pemecahan dilema biologi dengan metoda ilmiah
24.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan dilema dengan metoda ilmiah.
Jenis soal yang akan Admin bagikan dalam artikel ini yaitu soal pilihan ganda (multiple choice). Berikut ini soal biologi kepingan ruang lingkup biologi, keselamatan kerja, kerja ilmiah, dan karir berbasis biologi lengkap dengan kunci jawaban.
Soal Pilihan Ganda Ruang Lingkup Biologi
1. Hipotesis yang sempurna untuk peneletian dengan judul “pengaruh pemberian pupuk sangkar terhadap pertumbuhan tumbuhan padi” yaitu …..
a. Produksi tumbuhan padi dipengaruhi oleh pengolahan tanah
b. Pupuk sangkar kuat terhadap pertumbuhan tumbuhan padi
c. Tingkat pertumbuhan tumbuhan padi yang masih muda memilih produksinya
d. Pupuk sangkar dipengaruhi oleh kelembapan udara
e. Pertumbuhan tumbuhan padi dipengaruhi oleh cahaya, tanah, suhu, dan air
2. Perhatikan langkah-langkah metode ilmiah berikut!
1) Pengumpulan data
2) Penyusunan hipotesis
3) Menarik simpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan pecobaan
6) Menyusun teori
Berdasarkan uraian di atas, urutan yang benar yaitu …..
a. 4-1-5-2-3-6
b. 1-2-3-4-5-6
c. 2-1-5-4-3-6
d. 2-1-4-5-3-6
e. 4-1-2-5-3-6
3. Manusia dalam hidupnya sangat bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dikaji dalam cabang ilmu ilmu …..
a. Ekologi
b. Ekosistem
c. Genetika
d. Taksonomi
e. Morfologi
4. Diantara cabang ilmu berikut yang mempunyai bidang kajian paling luas yakni …..
a. Zoology
b. Mikrobiologi
c. Mikologi
d. Bakteriologi
e. Virology
5. Kunci untuk berguru biologi yakni mempelajari …..
a. Materi dan energi
b. Bahan-bahan kimia
c. Kehidupan di sekitar kita
d. Batu-batuan
e. Fosil-fosil makhluk hidup
6. Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian yakni …..
a. Meningkatnya hama serangga
b. Penemuan bibit unggul
c. Punahnya tumbuhan berkualitas rendah
d. Berkurangnya plasma nutfah
e. Matinya tanaman-tanaman langka
7. Diantara nama-nama berikut, yang tidak termasuk ilmuan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi yaitu …..
a. Carolus Linnaeus
b. Louis Pasteur
c. Gregor Mendel
d. Galileo Galilei
e. Watson dan Crick
8. Berikut ini yang merupakan tumpuan permasalahan biologi pada tingkat organ yakni …..
a. Tercemarinya air sungai
b. Perbedaan struktur sel binatang dan tumbuhan
c. Infeksi usus halus
d. Perkembang biakan virus dalam badan makhluk hidup
e. Gangguan system pencernaan
9. Sebuah ilmu harus dinyatakan secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah ilmu harus bersifat ……
a. Verifikasi
b. Universal
c. Objektif
d. Sistematis
e. Analitis
10. Dalam biologi, banyak sekali keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan perihal jaringan. Hal ini membuktikan bahwa ilmu biologi bersifat …..
a. Objektif
b. Universal
c. Verifikasi
d. Sistematis
e. Analisis
11. Penebangan liar di hutan dan tercemarnya air sungai menimbulkan banyak sekali tumbuhan dan binatang yang hidup didalamnya mati. Selain itu, habitat dan struktur tanah sanggup rusak serta terjadinya perubahan suhu. Peristiwa tersebut merupakan permasalahan biologi yang terjadi di tingkat …..
a. Komunitas
b. Jaringan
c. Individu
d. Populasi
e. Ekosistem
12. Setiap ilmu pengetahuan mempunyai objek kajian. Berikut ini yang bukan objek kajian ilmu biolohi adalah…..
a. Iguana
b. Putrid duyung
c. Dinosaurus
d. Paus
e. Lumba-lumba
13. Seseorang mengalami bisul usus halus yakni salah satu tumpuan dilema biologi yang terjadi pada tingkat …..
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. System organ
14. Berikut ini bukan merupakan perilaku yang harus dilakukan selama di laboratorium yakni …..
a. Meggunakan semua materi kimia yang ada di laboratorium
b. Menjaga kebersihan
c. Mengerjakan dengan serius
d. Menjaga ketertiban
e. Fokus pada praktikum
15. Ilmu pengetahuan yaitu kumpulan, hukum, prinsip, serta teori yang terbentuk melalui serangkaian acara ilmiah. Suatu pengetahuan sanggup disebut sebagai ilmu jikalau mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ……
a. sistematis
b. mempunyai objek kajian
c. objektif
d. subjektif
e. universal
16. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus yaitu …..
a. bioteknologi
b. zoology
c. botani
d. ekologi
e. embriologi
17. Dalam suatu ekosistem darat ditemukan tumbuhan yang secara umum dikuasai yakni jenis sukulen. Ekosistem tersebut yakni bioma …..
a. sapana
b. tundra
c. padang rumput
d. taiga
e. gurun atau padang pasir
18. Kajian suatu ilmu bisa dibagi menjadi kepingan yang lebih rinci untuk memahami banyak sekali sifat, hubungan, dan peranan dari bagian-bagian tersebut yakni ciri-ciri ilmu yang bersifat ….
a. Sistematis
b. Objektif
c. Verifikatif
d. Universal
e. Analitis
19. Di bawah ini yang tidak termasuk objek kajian biologi yaitu …..
a. benda mati
b. manusia
c. tumbuhan
d. hewan
e. mikroorganisme
20. Usaha yang dilakukan untuk mendapat tumbuhan kelengkeng yang mempunyai buah manis, tahan hama, dan cepat berbuah bisa dipelajari dalam cabang biologi …..
a. Ginekologi
b. Biokimia
c. Genetika
d. Taratologi
e. Reproduksi
21. Biologi memenuhi syarat disebut ilmu, antara lain ….
a. dikembangkan menurut percobaan
b. mempunyai objek dan kajian
c. memunyai metode dan objek kajian
d. mempunyai objek formal dan material
e. mempunyai metode ilmiah
22. Objek formal biologi yaitu ….
a. binatang dan manusia
b. makhluk hidup
c. struktur, fungsi, dan interaksi makhluk hidup
d. lingkungan hidup
e. bioma, ekosistem, dan komunitas
23. Objek kajian biologi yakni benda-benda yang konkret. Benda nyata yaitu benda ….
a. yang hanya sanggup dilihat dengan pinjaman alat
b. yang hidup
c. yang sanggup ditangkap alat indera
d. yang mempunyai nilai ekonomi
e. yang sanggup dilihat tanpa alat
24. Biologi berkembang dari rumpun atau akar ilmu ….
a. kimia
b. filsafat
c. sosial
d. alam
e. humaniora
25. Yang bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu yakni ….
a. bermanfaat bagi kehidupan
b. hukum-hukumnya bersifat universal
c. memilikii objek kajian dan metode ilmiah
d. banyak orang yang ingin mempelajarinya
e. sanggup dipikirkan secara logika
26. Perhatikan tahapan dalam metode ilmiah berikut!
1) melaksanakan percobaan untuk menguji hipotesis
2) mengajukan hipotesis
3) menemukan permasalahan
4) menarik kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, urutan tahap yang benar yaitu ….
a. IV-III-II-I
b. I-II-III-IV
c. III-I-II-IV
d. I-III-II-IV
e. III-II-I-IV
27. Yang bukan merupakan perilaku ilmiah yaitu ….
a. berani mengajikan suatu pemecahan dilema dan bertanggung jawab
b. sanggup membedakan opini dan fakta
c. mempunyai kepedulian terhadap lingkungan
d. berargumentasi dan bertanya untuk memenuhi keingintahuan diri sendiri
e. sanggup beropini secara kritis dan ilmiah
28. Aristoteles merupakan tokoh dalam sejarah biologi yang mengusulkan teori mengenai asal mula kehidupan yang dinamakan….
a. the origin of species
b. teori biogenesis
c. teori kreasi khusus
d. generatio spontanea
e. teori evolusi
29. Kumpulan jaringan dalam makhluk hidup akan membentuk ….
a. individu
b. molekul
c. organ tubuh
d. jaringan epitelium
e. sistem organ
30. Sekelompok gajah dalam suatu waktu dan kawasan tertentu dinamakan….
a. populasi
b. ekosistem
c. habitat
d. komunitas
e. bioma
31. Sekelompok padi, sekelompok burung, sekelompok belalang, jikalau berkumpul akan membentuk suatu ….
a. perkumpulan
b. habitat
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
32. Manfaat pengelompokan biologi dalam beberapa cabang yakni ….
a. supaya orang paham
b. semoga lebih simpel
c. supaya semakin terfokus dan mendalam dalam mengkajinya
d. semoga ditemukan banyak hal
e. supaya ditemukan manfaat dari yang dikaji
33. Andaikan kalian menginginkan menjadi seorang dokter, salah satu cabang biologi yang harus dikuasai yakni ….
a. botani
b. ekologi
c. briologi
d. anatomi
e. ornitologi
34. Cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup disebut ….
a. taksonomi
b. morfologi
c. fisiologi
d. anatomi
e. ekologi
35. Untuk memperoleh anak sapi dengan inseminasi buatan, dibutuhkan pemahaman dalam cabang biologi, yaitu ….
a. genetika
b. reproduksi
c. biokimia
d. kedokteran
e. peternakan
36. Cabang-cabang biologi bagaikan keratan keratan dalam camilan manis lapis, keratan vertikalnya mencakup ….
a. histologi, botani, briologi
b. morfologi, ekologi, sitologi
c. zoologi, botani, mikrobiologi
d. anatomi, botani, fisiologi
e. sitologi, evolusi, mikrobiologi
37. Jika ada seseorang ingin mengetahui silsilah keluarganya, maka cabang biologi yang sanggup membantunya yakni ….
a. mikrobiologi
b. bakteriologi
c. morfologi
d. anatomi
e. genetika
38. Salah satu manfaat biologi dalam bidang pertanian yakni ….
a. pendapatan petani meningkat
b. inovasi bibit unggul
c. pembuatan alat-alat pertanian yang canggih
d. ekspansi lahan pertanian
e. peningkatan jumlah hasil produksi
39. Penyalahgunaan biologi dalam perang militer antarnegara contohnya ….
a. pandemi sapi gila
b. senjata pemusnah massal
c. penyebaran antraks
d. pandemi flu burung
e. senjata biologi
40. Salah satu tugas biologi di bidang konservasi yakni pengelolaan sumber daya alam dengan memperhatikan ….
a. pertanian monokultur
b. terpenuhinya kebutuhan manusia
c. peningkatan daya guna hutan
d. terjaganya kelestarian tumbuhan dan fauna
e. kelestarian sumber air
41. Biologi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang berarti ...
a. tumbuhan
b. Ilmu
c. Kajian
d. Hidup
e. Perkembangan
42. Ruang lingkup biologi yang paling fundamental yakni ...
a. Molekul
b. Sel
c. Jaringan
d. Biosfer
e. Organisme
Soal Biologi : Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap 50 Soal
43. Cabang ilmu biologi yang mempelajari perihal jamur yakni ...
a. Evolusi
b. Virologi
c. Entomologi
d. Botani
e. Mikologi
44. Abdul sedang melaksanakan pengamatan terhadap kupu-kupu yang gres ia tangkap kemudian ia jadikan koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi yang berafiliasi dengan kegiatan Abdul yaitu ...
a. Mikrobiologi
b. Ornitologi
c. Genetika
d. Entomologi
e. Sitologi
45. Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut ...
a. Bioma
b. Organisme
c. Komunitas
d. Populasi
e. Ekosistem
46. Singa memburu zebra untuk dimakan, hal tersebut merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Tumbuhan dan berkembang
b. Reproduksi
c. Membutuhkan nutrisi
d. Respirasi
e. Adaptasi
47. Kemampuan individu dalam beradaptasi terhadap lingkunganya merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Ekosistem
b. Adaptasi
c. Anatomi
d. Predasi
e. Mimikri
48. Langkah awal dalam metode ilmiah yaitu ...
a. Identifikasi permasalahan
b. Melakukan eksperimen
c. Menganalisis data
d. Observasi
e. Merancang eksperimen
49. Santoso akan melaksanakan transplantasi ginjal. Ginjal dikaji pada organisasi kehidupan pada tingkat ....
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. Sistem organ
50. Deskripsi hasil pengamatan objek biologi yang menggunakan indra pengelihatan contohnya yaitu ...
a. bacin dan warna
b. bacin dan rasa
c. warna dan rasa
d. bentuk dan ukuran
e. tekstur dan ukuran
Kunci Jawaban Soal Ruang Lingkup Biologi
1 B 11 E 21 C 31 D 41 D
2 E 12 B 22 C 32 C 42 A
3 A 13 C 23 C 33 D 43 E
4 B 14 A 24 B 34 B 44 D
5 C 15 D 25 D 35 A 45 D
6 B 16 D 26 E 36 C 46 C
7 D 17 B 27 D 37 E 47 B
8 C 18 E 28 D 38 B 48 A
9 C 19 A 29 E 39 C 49 C
10 B 20 C 30 A 40 D 50 D
Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan RPP K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 :Soal Biologi perihal Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap
Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini semoga yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.
Sumber https://www.imaginepennhills.com
Adapun materi yang dipakai sebagai dasar dalam penyusunan sial atau pertanyaan ini antara lain : 1). Berbagai permasalahan biologi pada objek biologi, dan tingkat organisasi kehidupan.
2) Berbagai cabang ilmu biologi dan hubungannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3) Manfaat mempelajari ilmu biologi untuk diri sendiri dan lingkungan, serta peradapan bangsa.
4) Keselamatan Kerja.
5) Metode Ilmiah.
Soal Biologi perihal Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap [Update Tahun 2018]
Pada Soal perihal Ruang Lingkup Biologi siswa diperlukan bisa :
1.Menjelaskan karakteristik umum sains.
2.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
3.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
4.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
5.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
6.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat molekul hingga sistem organ individu.
7.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat individu hingga bioma
8.Memberikan tumpuan dilema biologi pada banyak sekali tingkat organisasi kehidupan
9.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
10.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan spesialis biologi.
11.Memberikan tumpuan pemecahan dilema biologi dengan metoda ilmiah
12.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan dilema dengan metoda ilmiah.
13.Menjelaskan karakteristik umum sains.
14.Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.
15.Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
16.Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
17.Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
18.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat molekul hingga sistem organ individu.
19.Memberikan tumpuan objek biologi pada tingkat individu hingga bioma
20.Memberikan tumpuan dilema biologi pada banyak sekali tingkat organisasi kehidupan
21.Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
22.Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan spesialis biologi.
23.Memberikan tumpuan pemecahan dilema biologi dengan metoda ilmiah
24.Menjelaskan manfaat hasil pemecahan dilema dengan metoda ilmiah.
Jenis soal yang akan Admin bagikan dalam artikel ini yaitu soal pilihan ganda (multiple choice). Berikut ini soal biologi kepingan ruang lingkup biologi, keselamatan kerja, kerja ilmiah, dan karir berbasis biologi lengkap dengan kunci jawaban.
Soal Biologi perihal Ruang Lingkup Biologi dan Kunci Jawaban Lengkap
Soal Pilihan Ganda Ruang Lingkup Biologi
1. Hipotesis yang sempurna untuk peneletian dengan judul “pengaruh pemberian pupuk sangkar terhadap pertumbuhan tumbuhan padi” yaitu …..
a. Produksi tumbuhan padi dipengaruhi oleh pengolahan tanah
b. Pupuk sangkar kuat terhadap pertumbuhan tumbuhan padi
c. Tingkat pertumbuhan tumbuhan padi yang masih muda memilih produksinya
d. Pupuk sangkar dipengaruhi oleh kelembapan udara
e. Pertumbuhan tumbuhan padi dipengaruhi oleh cahaya, tanah, suhu, dan air
2. Perhatikan langkah-langkah metode ilmiah berikut!
1) Pengumpulan data
2) Penyusunan hipotesis
3) Menarik simpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan pecobaan
6) Menyusun teori
Berdasarkan uraian di atas, urutan yang benar yaitu …..
a. 4-1-5-2-3-6
b. 1-2-3-4-5-6
c. 2-1-5-4-3-6
d. 2-1-4-5-3-6
e. 4-1-2-5-3-6
3. Manusia dalam hidupnya sangat bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dikaji dalam cabang ilmu ilmu …..
a. Ekologi
b. Ekosistem
c. Genetika
d. Taksonomi
e. Morfologi
4. Diantara cabang ilmu berikut yang mempunyai bidang kajian paling luas yakni …..
a. Zoology
b. Mikrobiologi
c. Mikologi
d. Bakteriologi
e. Virology
5. Kunci untuk berguru biologi yakni mempelajari …..
a. Materi dan energi
b. Bahan-bahan kimia
c. Kehidupan di sekitar kita
d. Batu-batuan
e. Fosil-fosil makhluk hidup
6. Salah satu manfaat mempelajari biologi di bidang pertanian yakni …..
a. Meningkatnya hama serangga
b. Penemuan bibit unggul
c. Punahnya tumbuhan berkualitas rendah
d. Berkurangnya plasma nutfah
e. Matinya tanaman-tanaman langka
7. Diantara nama-nama berikut, yang tidak termasuk ilmuan yang berjasa dalam perkembangan ilmu biologi yaitu …..
a. Carolus Linnaeus
b. Louis Pasteur
c. Gregor Mendel
d. Galileo Galilei
e. Watson dan Crick
8. Berikut ini yang merupakan tumpuan permasalahan biologi pada tingkat organ yakni …..
a. Tercemarinya air sungai
b. Perbedaan struktur sel binatang dan tumbuhan
c. Infeksi usus halus
d. Perkembang biakan virus dalam badan makhluk hidup
e. Gangguan system pencernaan
9. Sebuah ilmu harus dinyatakan secara jujur atau apa adanya sehingga sebuah ilmu harus bersifat ……
a. Verifikasi
b. Universal
c. Objektif
d. Sistematis
e. Analitis
10. Dalam biologi, banyak sekali keterangan mengenai sel akan mendukung pengetahuan perihal jaringan. Hal ini membuktikan bahwa ilmu biologi bersifat …..
a. Objektif
b. Universal
c. Verifikasi
d. Sistematis
e. Analisis
11. Penebangan liar di hutan dan tercemarnya air sungai menimbulkan banyak sekali tumbuhan dan binatang yang hidup didalamnya mati. Selain itu, habitat dan struktur tanah sanggup rusak serta terjadinya perubahan suhu. Peristiwa tersebut merupakan permasalahan biologi yang terjadi di tingkat …..
a. Komunitas
b. Jaringan
c. Individu
d. Populasi
e. Ekosistem
12. Setiap ilmu pengetahuan mempunyai objek kajian. Berikut ini yang bukan objek kajian ilmu biolohi adalah…..
a. Iguana
b. Putrid duyung
c. Dinosaurus
d. Paus
e. Lumba-lumba
13. Seseorang mengalami bisul usus halus yakni salah satu tumpuan dilema biologi yang terjadi pada tingkat …..
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. System organ
14. Berikut ini bukan merupakan perilaku yang harus dilakukan selama di laboratorium yakni …..
a. Meggunakan semua materi kimia yang ada di laboratorium
b. Menjaga kebersihan
c. Mengerjakan dengan serius
d. Menjaga ketertiban
e. Fokus pada praktikum
15. Ilmu pengetahuan yaitu kumpulan, hukum, prinsip, serta teori yang terbentuk melalui serangkaian acara ilmiah. Suatu pengetahuan sanggup disebut sebagai ilmu jikalau mempunyai ciri-ciri berikut, kecuali ……
a. sistematis
b. mempunyai objek kajian
c. objektif
d. subjektif
e. universal
16. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ilmu khusus yaitu …..
a. bioteknologi
b. zoology
c. botani
d. ekologi
e. embriologi
17. Dalam suatu ekosistem darat ditemukan tumbuhan yang secara umum dikuasai yakni jenis sukulen. Ekosistem tersebut yakni bioma …..
a. sapana
b. tundra
c. padang rumput
d. taiga
e. gurun atau padang pasir
18. Kajian suatu ilmu bisa dibagi menjadi kepingan yang lebih rinci untuk memahami banyak sekali sifat, hubungan, dan peranan dari bagian-bagian tersebut yakni ciri-ciri ilmu yang bersifat ….
a. Sistematis
b. Objektif
c. Verifikatif
d. Universal
e. Analitis
19. Di bawah ini yang tidak termasuk objek kajian biologi yaitu …..
a. benda mati
b. manusia
c. tumbuhan
d. hewan
e. mikroorganisme
20. Usaha yang dilakukan untuk mendapat tumbuhan kelengkeng yang mempunyai buah manis, tahan hama, dan cepat berbuah bisa dipelajari dalam cabang biologi …..
a. Ginekologi
b. Biokimia
c. Genetika
d. Taratologi
e. Reproduksi
21. Biologi memenuhi syarat disebut ilmu, antara lain ….
a. dikembangkan menurut percobaan
b. mempunyai objek dan kajian
c. memunyai metode dan objek kajian
d. mempunyai objek formal dan material
e. mempunyai metode ilmiah
22. Objek formal biologi yaitu ….
a. binatang dan manusia
b. makhluk hidup
c. struktur, fungsi, dan interaksi makhluk hidup
d. lingkungan hidup
e. bioma, ekosistem, dan komunitas
23. Objek kajian biologi yakni benda-benda yang konkret. Benda nyata yaitu benda ….
a. yang hanya sanggup dilihat dengan pinjaman alat
b. yang hidup
c. yang sanggup ditangkap alat indera
d. yang mempunyai nilai ekonomi
e. yang sanggup dilihat tanpa alat
24. Biologi berkembang dari rumpun atau akar ilmu ….
a. kimia
b. filsafat
c. sosial
d. alam
e. humaniora
25. Yang bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu yakni ….
a. bermanfaat bagi kehidupan
b. hukum-hukumnya bersifat universal
c. memilikii objek kajian dan metode ilmiah
d. banyak orang yang ingin mempelajarinya
e. sanggup dipikirkan secara logika
26. Perhatikan tahapan dalam metode ilmiah berikut!
1) melaksanakan percobaan untuk menguji hipotesis
2) mengajukan hipotesis
3) menemukan permasalahan
4) menarik kesimpulan
Berdasarkan uraian di atas, urutan tahap yang benar yaitu ….
a. IV-III-II-I
b. I-II-III-IV
c. III-I-II-IV
d. I-III-II-IV
e. III-II-I-IV
27. Yang bukan merupakan perilaku ilmiah yaitu ….
a. berani mengajikan suatu pemecahan dilema dan bertanggung jawab
b. sanggup membedakan opini dan fakta
c. mempunyai kepedulian terhadap lingkungan
d. berargumentasi dan bertanya untuk memenuhi keingintahuan diri sendiri
e. sanggup beropini secara kritis dan ilmiah
28. Aristoteles merupakan tokoh dalam sejarah biologi yang mengusulkan teori mengenai asal mula kehidupan yang dinamakan….
a. the origin of species
b. teori biogenesis
c. teori kreasi khusus
d. generatio spontanea
e. teori evolusi
29. Kumpulan jaringan dalam makhluk hidup akan membentuk ….
a. individu
b. molekul
c. organ tubuh
d. jaringan epitelium
e. sistem organ
30. Sekelompok gajah dalam suatu waktu dan kawasan tertentu dinamakan….
a. populasi
b. ekosistem
c. habitat
d. komunitas
e. bioma
31. Sekelompok padi, sekelompok burung, sekelompok belalang, jikalau berkumpul akan membentuk suatu ….
a. perkumpulan
b. habitat
c. komunitas
d. ekosistem
e. bioma
32. Manfaat pengelompokan biologi dalam beberapa cabang yakni ….
a. supaya orang paham
b. semoga lebih simpel
c. supaya semakin terfokus dan mendalam dalam mengkajinya
d. semoga ditemukan banyak hal
e. supaya ditemukan manfaat dari yang dikaji
33. Andaikan kalian menginginkan menjadi seorang dokter, salah satu cabang biologi yang harus dikuasai yakni ….
a. botani
b. ekologi
c. briologi
d. anatomi
e. ornitologi
34. Cabang biologi yang mempelajari bentuk luar makhluk hidup disebut ….
a. taksonomi
b. morfologi
c. fisiologi
d. anatomi
e. ekologi
35. Untuk memperoleh anak sapi dengan inseminasi buatan, dibutuhkan pemahaman dalam cabang biologi, yaitu ….
a. genetika
b. reproduksi
c. biokimia
d. kedokteran
e. peternakan
36. Cabang-cabang biologi bagaikan keratan keratan dalam camilan manis lapis, keratan vertikalnya mencakup ….
a. histologi, botani, briologi
b. morfologi, ekologi, sitologi
c. zoologi, botani, mikrobiologi
d. anatomi, botani, fisiologi
e. sitologi, evolusi, mikrobiologi
37. Jika ada seseorang ingin mengetahui silsilah keluarganya, maka cabang biologi yang sanggup membantunya yakni ….
a. mikrobiologi
b. bakteriologi
c. morfologi
d. anatomi
e. genetika
38. Salah satu manfaat biologi dalam bidang pertanian yakni ….
a. pendapatan petani meningkat
b. inovasi bibit unggul
c. pembuatan alat-alat pertanian yang canggih
d. ekspansi lahan pertanian
e. peningkatan jumlah hasil produksi
39. Penyalahgunaan biologi dalam perang militer antarnegara contohnya ….
a. pandemi sapi gila
b. senjata pemusnah massal
c. penyebaran antraks
d. pandemi flu burung
e. senjata biologi
40. Salah satu tugas biologi di bidang konservasi yakni pengelolaan sumber daya alam dengan memperhatikan ….
a. pertanian monokultur
b. terpenuhinya kebutuhan manusia
c. peningkatan daya guna hutan
d. terjaganya kelestarian tumbuhan dan fauna
e. kelestarian sumber air
41. Biologi berasal dari bahasa yunani yaitu bios yang berarti ...
a. tumbuhan
b. Ilmu
c. Kajian
d. Hidup
e. Perkembangan
42. Ruang lingkup biologi yang paling fundamental yakni ...
a. Molekul
b. Sel
c. Jaringan
d. Biosfer
e. Organisme
Soal Biologi : Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap 50 Soal
43. Cabang ilmu biologi yang mempelajari perihal jamur yakni ...
a. Evolusi
b. Virologi
c. Entomologi
d. Botani
e. Mikologi
44. Abdul sedang melaksanakan pengamatan terhadap kupu-kupu yang gres ia tangkap kemudian ia jadikan koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi yang berafiliasi dengan kegiatan Abdul yaitu ...
a. Mikrobiologi
b. Ornitologi
c. Genetika
d. Entomologi
e. Sitologi
45. Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut ...
a. Bioma
b. Organisme
c. Komunitas
d. Populasi
e. Ekosistem
46. Singa memburu zebra untuk dimakan, hal tersebut merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Tumbuhan dan berkembang
b. Reproduksi
c. Membutuhkan nutrisi
d. Respirasi
e. Adaptasi
47. Kemampuan individu dalam beradaptasi terhadap lingkunganya merupakan salah satu ciri makhluk hidup yaitu ...
a. Ekosistem
b. Adaptasi
c. Anatomi
d. Predasi
e. Mimikri
48. Langkah awal dalam metode ilmiah yaitu ...
a. Identifikasi permasalahan
b. Melakukan eksperimen
c. Menganalisis data
d. Observasi
e. Merancang eksperimen
49. Santoso akan melaksanakan transplantasi ginjal. Ginjal dikaji pada organisasi kehidupan pada tingkat ....
a. Individu
b. Sel
c. Organ
d. Jaringan
e. Sistem organ
50. Deskripsi hasil pengamatan objek biologi yang menggunakan indra pengelihatan contohnya yaitu ...
a. bacin dan warna
b. bacin dan rasa
c. warna dan rasa
d. bentuk dan ukuran
e. tekstur dan ukuran
Kunci Jawaban Soal Ruang Lingkup Biologi
1 B 11 E 21 C 31 D 41 D
2 E 12 B 22 C 32 C 42 A
3 A 13 C 23 C 33 D 43 E
4 B 14 A 24 B 34 B 44 D
5 C 15 D 25 D 35 A 45 D
6 B 16 D 26 E 36 C 46 C
7 D 17 B 27 D 37 E 47 B
8 C 18 E 28 D 38 B 48 A
9 C 19 A 29 E 39 C 49 C
10 B 20 C 30 A 40 D 50 D
Sekian artikel blog pendidikan terbaru terkait dengan RPP K13 Revisi terbaru dengan judul postingan Guru K13 :Soal Biologi perihal Ruang Lingkup Biologi dan Jawaban Lengkap
Silahkan Bapak/Ibu Guru Kelas/Mata Pelajaran Pengampu di sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional (Kurnas) salin tautan, bagikan serta simpan link ke post ini semoga yang tersemat di Blog Pendidikan ini sanggup bermanfaat.
Sumber https://www.imaginepennhills.com