Kurikulum 2013 K13 - Bapak/Ibu Guru kelas SD maupun Guru Mapel SMP/SMA/SMK/Sederajat di sekolah pelaksana Kurtilas. Nah kali ini admin blog Pendidikan Terbaru bakal membahas terkait dengan Aplikasi rapor SD Kurikulum 2013 revisi tahun pelajaran 2018/2019 – Implementasi kurikulum dilakukan dengan cara mengatakan nilai hasil belajar peserta didik yang terdiri dari penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Setiap aspek nilai mempunyai sub kompetensi masing-masing berdasarkan Kompetensi Inti, Dasar (KI & KD). Panduan penilaian pendidik dan satuan pendidikan tidak terlepas dari konsep, prosedur serta instrumen penilaian.
Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019 |
Aplikasi rapor SD kurikulum 2013/K13 revisi 2018/2019 sudah menerapkan dasar penilaian sesuai petunjuk teknis penilaian K13. Misalnya untuk nilai sikap meliputi observasi, penilain diri, antar teman, dan jurnal. Sedangkan nilai pengetahuan berupa tes tertulis, lisan dan penugasan. Seperti yang terlihat pada diagram berikut ini.
Diagram Penilaian |
• Data Siswa
• Biodata Diri
• Ekstra Kurikuler
• Absensi
• Prestasi
• Kompetensi Inti KI 1 - KI 4
• Pemetaan Kompetensi Dasar
• Cetak Rapor
Cara Penggunaan Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013
1) Buka aplikasi berformat MC.EXEL
2) Isikan terlebih dahulu identitas sekolah
3) Pilih Data Siswa yang didalamnya memuat :
- NIS (Nomor Induk Siswa)
- NISN (Nomor Induk Siswa Nasional
- Nama Peserta Didik
- Jenis Kelamin
- Tempat dan Tanggal Lahir
- Agama
- Pendidikan Jenjang Sebelumnya
- Alamat Peserta Didik
- Nama Orang Tua
5) Hasil selesai dari penilaian terletak di sajian rapor, pilih kemudian cetak untuk setiap nama siswa.
Dibawah ini sudah saya sediakan link download Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013, silahkan di edit kembali data-data yang diperlukan untuk menyesuaian sekolah masing-masing.
Download Aplikasi Rapor SD K13 2018/2019
Demikian artikel blog pendidikan terbaru yang kali ini khusus membahas seputar Kurikulum 2013 K13 terkait dengan judul Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi 2018/2019 Semester 1 dan 2