Soal SKB Guru CPNS 2018 - Berikut beberapa latihan soal prediksi TKB GURU Kelas Sekolah Dasar, mata pelajaran baik guru olahraga, matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, dll.
Baik, sebelumnya admin ucapkan selamat kepada anda yang telah masuk kedalam daftar nama-nama peserta SKB CPNS 2018.
1. Belajar berdasarkan Bell-Gredler ialah proses insan untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan. Proses mencar ilmu ini berlangsung ...
A. pada dikala seseorang sedang bersekolah.
B. dari bayi hingga tua.
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar
Pembahasan : B. dari bayi hingga tua. Karena insan mengalami proses mencar ilmu sepanjang hayat.
2. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.
Pembahasan: A. Clasical conditioning dari Pavlov. Karena dalam teori clasical conditioning ada 3 parameter yang salah satunya ialah extinction atau penghilangan, yang artinya apabila penguatan respons akan menurun atau menghilang.
3. Suatu teori mencar ilmu dikembangkan untuk membangun prinsip ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori mencar ilmu ...
A. insight.
B. kognitif.
C. conditioning.
D. connectionism
Pembahasan: Karena dengan membangun prinsip-prinsip belajarnya secara ilmiah, maka akan dihasilkan suatu mekanisme yang sanggup diterapkan dalam kelas untuk mendapat hasil yang produktif.
4. Seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu disebut .....
A. Silabus
B. RPP
C. Kurikulum
D. Standar Isi
E. Standar nasional pendidikan
5. Sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia ialah .....
A. Kurikulm Berbasis Kompetensi (KBK)
B. Kurikulum Berkesinambungan
C. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
D. Kurikulum 1999
E. Kurikulum 2004
6. Penyusunan KTSP harus mengacu pada .....
A. Standar Isi dan Standar kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Kompetensi Lulusan Peserta didik
C. Silabus
D. RPP
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)
7. Kriteria atau teladan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian Minimal hasil mencar ilmu peserta didik dinamakan .....
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Batas Minimum Kelulusan
C. Ambang Batas Minimum Lulus
D. Nilai Kentuntasan Minimal
E. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
8. Istilah pedagogik berasal dari bahasa Yunani yaitu .....
A. Pedagogie
B. pedagogos
C. Pedago dan logos
D. Pedagogics
E. Peudae dan logos
9. Karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atau respons, yang harus sanggup dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk memperlihatkan bahwa siswa itu telah mempunyai kompetensi dasar tertentu disebut .....
A. Kemampuan peserta didik
B. Kompetensi dasar
C. Indikator
D. Kecakapan hidup
E. Kompetensi lulusan
10. Suatu taktik pengembangan materi pokok berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu kiprah pembelajaran dinamakan .....
A. Pendekatan hierarkis
B. Pendekatan spiral
C. Pendekatan terjala
D. Pendekatan berkesinambungan
E. Pendekatan prosedural
11. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek peserta didik disebut ....
A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
E. Sensitif
12. Kemampuan yang sanggup dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran atau kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki oleh siswa disebut......
A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi lulusan
E. Kecakapan hidup (life skill)
13. Badan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan independen yang bertugas mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan ialah ....
A. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
B. Badan Kurikulum Nasional
C. Badan Standarisasi Nasional (BSN)
D. Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan
E. Direktorat Pendidikan Nasional
14. Berikut ini ialah prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kecuali .....
A. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus
15. Yang tidak termasuk dalam 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah.....
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Keahlian
16. Komponen RPP terdiri dari beberapa hal berikut kecuali .....
A. Identitas mata pelajaran
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. Presensi peserta didik
E. kegiatan pembelajaran
17. Yang tidak termasuk aspek kompetensi pedagogik guru berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) ialah ......
A. Mengenal karakteristik peserta didik
B. Menguasai teori mencar ilmu dan prinsip‐prinsip pembelajaran
C. Mampu mengembangkan kurikulum
D. Mampu membuat RPP yang berbeda minimal 5 buah setiap minggunya
E. Mengembangkan potensi peserta didik
18. Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan .......
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007
B. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2007
C. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2007
E. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 52 Tahun 2007
19. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru ialah sebagai berikut kecuali .....
A. Menguasasi teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif
B. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
C. Mengenal latar belakang peserta didik untuk menunjang proses KBM
D. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
E. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
20. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 mengatur perihal .....
A. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor
B. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
C. Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan
D. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
E. Standar isi
21. Berikut ini ialah beberapa cara inovatif pemerintah untuk meningkatkan pemerataan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, kecuali ....
A. SD keall pada kawasan terpencil
B. Sistem guru kunjung
C. Sekolah Menengah Pertama Terbuka (isosa –in school out off school approach)
D. Kejar PAKET A dan B
E. membangun gedung sekolah menyerupai SD inpres dan atau ruangan belajar
22. Hal berikut merupakan duduk masalah efisiensi pendidikan yang penting, kecuali ...
A. Bagaimana tenaga pendidikan difungsikan
B. Bagaimana prasarana dan sarana pendidikan digunakan
C. Mengapa masih banyak siswa yang belum berkompeten
D. Bagaimana pendidikan diselenggarakan
E. Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga
23. Masalah-masalah makro yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya duduk masalah pendidikan ialah sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali .....
A. Perkembangan IPTEK dan seni
B. Laju pertumbuhan penduduk
C. Aspirasi masyarakat
D. Keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan
E. Gerakan ekspansi pendidikan
24. Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru berkenaan dengan efisiensi pendidikan, antara lain sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali ....
A. Tidak terselesaikannya seluruh materi kurikulum dalam pembelajaran alasannya ialah keterbatasan waktu B. Belum oftimalnya penggunaan media dan sumber belajar
C. Kurangnya pemberian perhatian, pengakuan, penguatan (reinforcement, reward) kepada murid yang kurang pandai
D. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran
E. Kurang mempunyai sarana dan prsarana pendidikan yang memadai
25. Salah satu duduk masalah pokok pendidikan di Indonesia ialah Elitisme. Contoh dari elitisme ialah ... A. Lembaga pendidikan dibuat berdasarkan fungsi dan peranan pendidikan yang sudah ketinggalan jaman
B. Kepincangan pemberian subsidi
C. Alat bantu proses mencar ilmu mengajar belum memadai
D. Biaya pendidikan yang mahal membuat siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan
E. Tidak meratanya lulusan yang dihasilkan untuk semua jenjang pendidikan
26. Tidak adanya kesesuaian antara output (lulusan) pendidikan dengan tuntutan perkembangan ekonomi sanggup diatasi dengan .....
A. Membuat kurikulum gres sesuai huruf orang Indonesia
B. Meningkatkan anggaran untuk pendidikan
C. Meningkatkan efisiensi pendidikan
D. Mengganti kurikulum yang sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman
E. Menekankan pentingnya sekolah
27. Dalam mengatasi meningkatnya angka putus sekolah, hal yang bisa dilakukan antara lain.....
A. Meningkatkan subsidi untuk pendidikan menengah dan tinggi
B. Menggratiskan semua jenjang pendidikan untuk warga miskin
C. Mencukupi akomodasi pembelajaran sesuai standar minimal pendidikan.
D. Refungsi dan restrukturisasi LPTK menuju spesialisasi guru setingkat master
E. Menghapuskan segala ‘pungutan’ di sekolah yang tidak ada kekerabatan dengan peningkatan mutu pendidikan
28. Berikut ini merupakan permasalahan pendidikan yang fundamental kecuali ....
A. Mahalnya biaya pendidikan
B. Korupsi dana pendidikan
C. Kurangnya minat masyarakat akan pendidikan
D. Kurangnya akomodasi pendidikan
E. Diskriminasi status guru
29. Menyikapi permasalahan mengenai profesionalisme guru yang dirasa kurang, maka tindakan yang harus dilakukan ialah ...
A. Memberikan otoritas kepada guru dalam melaksanakan profesinya
B. Meningkatkan honor dan atau insentif untuk guru yang dilakukan baik pemerintah sentra maupun daerah
C. Melakukan redistribusi berdasarkan kebutuhan kawasan dengan memperlihatkan insentif yang sesuai dengan kondisi geografis
D. Menghapuskan diskriminasi status guru PNS, swasta, honorer, kontrak, bantu, sukarelawan dengan membangun sistem administrasi guru dalam satu kesatuan yang tidak diskriminatif
E. Memberikan kebebasan kepada guru untuk berserikat, menyatakan pendapat, dan menjamin peranserta guru dalam pemberantasan KKN, khususnya pemberantasan korupsi dana pendidikan
30. Pro kontra mengenai tes keperawanan dalam seleksi masuk sekolah yang menuai banyak kecaman dan beredar belum usang ini digagas oleh ....
A. Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
B. Dinas Pendidikan Kota Depok
C. Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jawa barat
D. Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan
E. Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Sumut
31. Contoh-contoh permasalahan yang dihadapi guru yang berkenaan dengan relevansi mutu pendidikan, antara lain .....
A. Perkiraan yang tidak sempurna terhadap inovasi
B. Belum meratanya kemampuan hasil mencar ilmu diantara siswa di dalam kelas
C. Konflik antar siswa dan motivasi yang kurang sehat
D. Kurang adanya kekerabatan sosial dan publikasi
E. Lemahnya aneka macam faktor penunjang sehingga mengakibatkan tidak berkembangnya penemuan pembelajaran
32. Yang termasuk kewajiban seorang dosen ialah ......
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan dedikasi kepada masyarakat
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kiprah dan prestasi kerja
D. Memperoleh proteksi dalam melaksanakan kiprah dan hak atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam memperlihatkan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik
33. Berikut ini ialah hak seorang dosen, kecuali .....
A. Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, jalan masuk sumber belajar, informasi, sarana dan prasarana pembelajaran serta penelitian dan dedikasi kepada masyarakat
B. Memiliki kebebasan dalam memperlihatkan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik
C. Memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi/organisasi keilmuan
D. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kiprah dan prestasi kerja
E. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran
34. Pengembangan muatan lokal untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK perlu memperhatikan beberapa prinsip pengembangan sebagai berikut kecuali .....
A. Utuh
B. Objektif
C. Kontekstual
D. Apresiatif
E. Fleksibel
35. Inspektorat Jenderal Departemen melaksanakan audit kinerja terhadap lembaga-lembaga berikut kecuali ......
A. Instansi Kepala Sekolah
B. Kantor Pusat Unit Utama Departemen
C. LPMP
D. BSNP
E. BAN-PT
36. Yang tidak termasuk aspek penilaian kurikulum ialah .......
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi reflektif
E. Evaluasi komprehensif
37. Penilaian hasil mencar ilmu yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk melihat pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran mencakup hal berikut, kecuali .....
A. menentukan KKM setiap mata pelajaran dengan memperhatikan peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik
B. mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan tamat semester, dan ulangan kenaikan kelas C. menentukan kriteria kenaikan kelas bagi satuan pendidikan yang memakai sistem paket melalui rapat dewwan pendidik
D. menerbitkan ijazah setiap peserta didik yang lulus UN
E. menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian awal semester
38. Pada Juli 2013 kemudian Sekretaris Jenderal Kemenag Bahrul Hayat menyatakan bahwa Kemenag akan memprioritaskan 4 kebijakan pendidikan pada 2014. Berikut kebijakan tersebut, kecuali .....
A. Pendidikan Menengah Universal (PMU)
B. Jenjang pendidikan tingkat dasar dan menengah yang berbasis internasional
C. implementasi kurikulum 2013
D. alokasi dukungan siswa miskin
E. membangun sekitar 12 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN IC ) gres di beberapa provinsi
39. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 menyertakan 5 lampiran yang memuat perihal beberapa pedoman yang berkaitan dengan Implementasi Kurikulum 2013, yaitu kecuali ....
A. Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
B. Pedoman Pengembangan Muatan Lokal
C. Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
D. Pedoman Umum Pembelajaran
E. Pedoman Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
40. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen sesuai UU guru dan Dosen ialah sebagai berikut kecuali ....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan dan adat mulia
C. Mampu mengenal karakteristik setiap mahasiswa di perguruan tinggi
D. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompetensi yang diharapkan sesuai dengan bidang tugas
41. Guru diharus mempunyai kemampuan berfikir yang tidak kaku dan gampang diadaptasi dengan tuntutan situasi yang dihadapi, berarti sikap guru harus memilki ….
A. keluwesan kogenitif
B. keterbukaan psikologis
C. keajegan spiritual
D. pribadi sebagi pemimpin
Pembahasan : A. keluwesan kogenitif. Karena jikalau dalam menghadapi situasi gres akan berfikir kritis dan kreatif
42. Salah satu bentuk kompetensi kogentif Guru diantaranya ….
A. menjelaskan konsep faktual
B. memperlihatkan contoh perilaku
C. memperlihatkan contoh gerak dasar
D. mempunyai rasa kasih sayang
Pembahasan : A. menjelaskan konsep faktual alasannya ialah hal tersebut bekerjasama dengan pengetahuan
43. Dengan diberikan menyebarkan bentuk permainan kubus, segitiga, dan silinder, anak bisa menentukan dan mencocokkan gambar-gambar yang ada di dalam sebuah agenda komputer. Kegiatan menyerupai ini sanggup diartikan sebagai kegiatan bermain yang melibatkan....
A. seluruh badan dan pikiran
B. mencar ilmu ialah proses penciptaan
C. mencar ilmu ialah proses yang terjadi secara simultan
D. proses mencar ilmu akan terjadi jikalau seseorang melaksanakan sebuah aktivitas
Pembahasan: A. seluruh badan dan pikiran.
aktivitas yang melibatkan kegiatan fisik dan mental, yaitu mencar ilmu sambil melaksanakan sesuatu.
44. Dikala seorang siswa mengatakan”Saya tidak bisa Pak”. Yang paling sempurna tindakan guru supaya anak mau melaksanakan latihannya, yaitu dengan cara ....
A. membandingkan dengan temannya
B. memberi sanksi dengan kiprah gerak yang lebih berat
C. memarahi dengan kata cemoohan
D. disuruh untuk berhenti latihan
Pembahasan : A. membandingkan dengan temannya.
karena dengan cara ini siswa tersebut akan termotivasi, tidak mau kalah oleh temannya
45. Dalam teknik pemecahan duduk masalah verbal, seorang guru bertanya, “apakah ada balasan lain yang lebih tepat?” Teknik tersebut termasuk ....
A. mengemukakan balasan masalah
B. reaksi terhadap jawaban
C. latihan pengulangan
D. diskusi pemecahan masalah
Pembahasan: B. reaksi terhadap balasan yang salah alasannya ialah prakteknya, guru harus menandakan sikap positif, tidak eksklusif memvonis salah
45. Guru mengawasi kegiatan mencar ilmu semua siswa dalam pembelajaran penjas, termasuk taktik training yang dinamakan ....
A. pengamatan menyeluruh
B. terabaikan yang bersifat selektif
C. keterlibatan langsung
D. taktik penanganan dari dekat
Pembahasan: A. pengamatan dan pengawasan tertuju pada siswa secara eksklusif dan menyeluruh
46. Pada dikala di kelas, anak suka bercakap dengan temannya ketika guru mengajar. Peristiwa tersebut termasuk tahap perkembangan afektif berdasarkan Masser, pada tingkat....
A. tak bertanggung jawab
B. pengendalian diri
C. tanggungjawab pribadi
D. keterlibatan
Pembahasan: A. tak bertanggung jawab alasannya ialah anak tidak akan bisa dan bertanggungjawab atas perbuatannya.
47. Cara penerapan disiplin yang diterapkan Carter, yaitu jikalau siswa melaksanakan pelanggaran pertama maka dieksekusi dengan ....
A. orang tuanya dipanggil
B. dipanggil kepala sekolah
C. siswanya diperingati
D. siswa dikucilkan selama 10 menit
Pembahasan: C. siswanya diperingati alasannya ialah cara ini merupakan pelanggaran yang paling ringan dan dilakukan yang pertama
48. Pembelajaran yang berorientasi pada proses mencar ilmu rangkaian, seharusnya memperlihatkan kesempatan pada siswa untuk ...
(1). melaksanakan satu urutan kegiatan tanpa terputus.
(2). mengulang urutan kegiatan dengan tepat.
(3). mengganti kegiatan dengan kegiatan yang lain.
Pembahasan : A. Jika (1) dan (2) yang benar Jawaban yang benar ialah 1 dan 2. Karena dengan mengurutkan kegiatan dan mengulang kegiatan tanpa terputus dan tepat, akan membuat siswa gampang mengingatnya.
49. Dalam proses pembelajaran, supaya proses pembelajaran sanggup berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....
A. mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri.
B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
C. mengusahakan suasana mencar ilmu yang menyenangkan.
D. memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya.
Pembahasan : B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan. Karena dengan memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif
50. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan kiprah bersama dengan teman
A. mengobrol bersama.
B. bertukar informasi.
C. saling percaya
D. saling memahami.
Pembahasan: B. bertukar informasi. Karena dengan mengerjakan kiprah bersama, siswa sanggup menyebarkan informasi dan saling mengoreksi, bahkan berperan sebagai tutor sebaya untuk temannya.
Demikian Soal Pembahasan SKB GURU Sumber https://www.imaginepennhills.com
Baik, sebelumnya admin ucapkan selamat kepada anda yang telah masuk kedalam daftar nama-nama peserta SKB CPNS 2018.
1. Belajar berdasarkan Bell-Gredler ialah proses insan untuk memperoleh kemampuan, keterampilan, dan sikap yang dilakukan secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan. Proses mencar ilmu ini berlangsung ...
A. pada dikala seseorang sedang bersekolah.
B. dari bayi hingga tua.
C. pada waktu siswa sudah siap.
D. pada waktu seseorang sedang belajar
Pembahasan : B. dari bayi hingga tua. Karena insan mengalami proses mencar ilmu sepanjang hayat.
2. Seorang anak yang terbiasa disuapi oleh ibunya, pada waktu ibunya meninggal dunia anak ini tidak mau makan. Kondisi ini disebut extinction atau penghilangan yang dikenal dalam teori ...
A. Clasical conditioning dari Pavlov.
B. Connectionism dari Thorndike.
C. Behaviorism dari Watson.
D. Operant conditioning dari Skinner.
Pembahasan: A. Clasical conditioning dari Pavlov. Karena dalam teori clasical conditioning ada 3 parameter yang salah satunya ialah extinction atau penghilangan, yang artinya apabila penguatan respons akan menurun atau menghilang.
3. Suatu teori mencar ilmu dikembangkan untuk membangun prinsip ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori mencar ilmu ...
A. insight.
B. kognitif.
C. conditioning.
D. connectionism
Pembahasan: Karena dengan membangun prinsip-prinsip belajarnya secara ilmiah, maka akan dihasilkan suatu mekanisme yang sanggup diterapkan dalam kelas untuk mendapat hasil yang produktif.
4. Seperangkat planning dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan materi pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu disebut .....
A. Silabus
B. RPP
C. Kurikulum
D. Standar Isi
E. Standar nasional pendidikan
5. Sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia ialah .....
A. Kurikulm Berbasis Kompetensi (KBK)
B. Kurikulum Berkesinambungan
C. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
D. Kurikulum 1999
E. Kurikulum 2004
6. Penyusunan KTSP harus mengacu pada .....
A. Standar Isi dan Standar kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Kompetensi Lulusan Peserta didik
C. Silabus
D. RPP
E. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD)
7. Kriteria atau teladan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian Minimal hasil mencar ilmu peserta didik dinamakan .....
A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
B. Standar Batas Minimum Kelulusan
C. Ambang Batas Minimum Lulus
D. Nilai Kentuntasan Minimal
E. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
8. Istilah pedagogik berasal dari bahasa Yunani yaitu .....
A. Pedagogie
B. pedagogos
C. Pedago dan logos
D. Pedagogics
E. Peudae dan logos
9. Karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atau respons, yang harus sanggup dilakukan atau ditampilkan oleh siswa, untuk memperlihatkan bahwa siswa itu telah mempunyai kompetensi dasar tertentu disebut .....
A. Kemampuan peserta didik
B. Kompetensi dasar
C. Indikator
D. Kecakapan hidup
E. Kompetensi lulusan
10. Suatu taktik pengembangan materi pokok berdasarkan atas urutan penyelesaian suatu kiprah pembelajaran dinamakan .....
A. Pendekatan hierarkis
B. Pendekatan spiral
C. Pendekatan terjala
D. Pendekatan berkesinambungan
E. Pendekatan prosedural
11. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, derajat penerimaan atau penolakan terhadap suatu obyek peserta didik disebut ....
A. Afektif
B. Kognitif
C. Psikomotorik
D. Emotif
E. Sensitif
12. Kemampuan yang sanggup dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran atau kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki oleh siswa disebut......
A. Kompetensi dasar
B. Standar kompetensi
C. Indikator
D. Kompetensi lulusan
E. Kecakapan hidup (life skill)
13. Badan sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan independen yang bertugas mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi standar nasional pendidikan ialah ....
A. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
B. Badan Kurikulum Nasional
C. Badan Standarisasi Nasional (BSN)
D. Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan
E. Direktorat Pendidikan Nasional
14. Berikut ini ialah prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kecuali .....
A. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
D. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
E. Keterkaitan dan keterpaduan isi dengan silabus
15. Yang tidak termasuk dalam 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah.....
A. Kompetensi Pedagogik
B. Kompetensi Kepribadian
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
E. Kompetensi Keahlian
16. Komponen RPP terdiri dari beberapa hal berikut kecuali .....
A. Identitas mata pelajaran
B. standar kompetensi
C. kompetensi dasar
D. Presensi peserta didik
E. kegiatan pembelajaran
17. Yang tidak termasuk aspek kompetensi pedagogik guru berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru) ialah ......
A. Mengenal karakteristik peserta didik
B. Menguasai teori mencar ilmu dan prinsip‐prinsip pembelajaran
C. Mampu mengembangkan kurikulum
D. Mampu membuat RPP yang berbeda minimal 5 buah setiap minggunya
E. Mengembangkan potensi peserta didik
18. Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan .......
A. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007
B. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 21 Tahun 2007
C. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2007
D. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2007
E. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 52 Tahun 2007
19. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru ialah sebagai berikut kecuali .....
A. Menguasasi teori mencar ilmu dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif
B. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
C. Mengenal latar belakang peserta didik untuk menunjang proses KBM
D. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
E. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
20. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 mengatur perihal .....
A. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor
B. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
C. Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan
D. Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
E. Standar isi
21. Berikut ini ialah beberapa cara inovatif pemerintah untuk meningkatkan pemerataan pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, kecuali ....
A. SD keall pada kawasan terpencil
B. Sistem guru kunjung
C. Sekolah Menengah Pertama Terbuka (isosa –in school out off school approach)
D. Kejar PAKET A dan B
E. membangun gedung sekolah menyerupai SD inpres dan atau ruangan belajar
22. Hal berikut merupakan duduk masalah efisiensi pendidikan yang penting, kecuali ...
A. Bagaimana tenaga pendidikan difungsikan
B. Bagaimana prasarana dan sarana pendidikan digunakan
C. Mengapa masih banyak siswa yang belum berkompeten
D. Bagaimana pendidikan diselenggarakan
E. Masalah efisiensi dalam memfungsikan tenaga
23. Masalah-masalah makro yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya duduk masalah pendidikan ialah sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali .....
A. Perkembangan IPTEK dan seni
B. Laju pertumbuhan penduduk
C. Aspirasi masyarakat
D. Keterbelakangan budaya dan sarana kehidupan
E. Gerakan ekspansi pendidikan
24. Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru berkenaan dengan efisiensi pendidikan, antara lain sebagai berikut kecuali kecuali kecuali kecuali ....
A. Tidak terselesaikannya seluruh materi kurikulum dalam pembelajaran alasannya ialah keterbatasan waktu B. Belum oftimalnya penggunaan media dan sumber belajar
C. Kurangnya pemberian perhatian, pengakuan, penguatan (reinforcement, reward) kepada murid yang kurang pandai
D. Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran
E. Kurang mempunyai sarana dan prsarana pendidikan yang memadai
25. Salah satu duduk masalah pokok pendidikan di Indonesia ialah Elitisme. Contoh dari elitisme ialah ... A. Lembaga pendidikan dibuat berdasarkan fungsi dan peranan pendidikan yang sudah ketinggalan jaman
B. Kepincangan pemberian subsidi
C. Alat bantu proses mencar ilmu mengajar belum memadai
D. Biaya pendidikan yang mahal membuat siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan
E. Tidak meratanya lulusan yang dihasilkan untuk semua jenjang pendidikan
26. Tidak adanya kesesuaian antara output (lulusan) pendidikan dengan tuntutan perkembangan ekonomi sanggup diatasi dengan .....
A. Membuat kurikulum gres sesuai huruf orang Indonesia
B. Meningkatkan anggaran untuk pendidikan
C. Meningkatkan efisiensi pendidikan
D. Mengganti kurikulum yang sudah tidak sesuai dengan tuntutan zaman
E. Menekankan pentingnya sekolah
27. Dalam mengatasi meningkatnya angka putus sekolah, hal yang bisa dilakukan antara lain.....
A. Meningkatkan subsidi untuk pendidikan menengah dan tinggi
B. Menggratiskan semua jenjang pendidikan untuk warga miskin
C. Mencukupi akomodasi pembelajaran sesuai standar minimal pendidikan.
D. Refungsi dan restrukturisasi LPTK menuju spesialisasi guru setingkat master
E. Menghapuskan segala ‘pungutan’ di sekolah yang tidak ada kekerabatan dengan peningkatan mutu pendidikan
28. Berikut ini merupakan permasalahan pendidikan yang fundamental kecuali ....
A. Mahalnya biaya pendidikan
B. Korupsi dana pendidikan
C. Kurangnya minat masyarakat akan pendidikan
D. Kurangnya akomodasi pendidikan
E. Diskriminasi status guru
29. Menyikapi permasalahan mengenai profesionalisme guru yang dirasa kurang, maka tindakan yang harus dilakukan ialah ...
A. Memberikan otoritas kepada guru dalam melaksanakan profesinya
B. Meningkatkan honor dan atau insentif untuk guru yang dilakukan baik pemerintah sentra maupun daerah
C. Melakukan redistribusi berdasarkan kebutuhan kawasan dengan memperlihatkan insentif yang sesuai dengan kondisi geografis
D. Menghapuskan diskriminasi status guru PNS, swasta, honorer, kontrak, bantu, sukarelawan dengan membangun sistem administrasi guru dalam satu kesatuan yang tidak diskriminatif
E. Memberikan kebebasan kepada guru untuk berserikat, menyatakan pendapat, dan menjamin peranserta guru dalam pemberantasan KKN, khususnya pemberantasan korupsi dana pendidikan
30. Pro kontra mengenai tes keperawanan dalam seleksi masuk sekolah yang menuai banyak kecaman dan beredar belum usang ini digagas oleh ....
A. Dinas Pendidikan Kota Prabumulih, Sumatera Selatan
B. Dinas Pendidikan Kota Depok
C. Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jawa barat
D. Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan
E. Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Sumut
31. Contoh-contoh permasalahan yang dihadapi guru yang berkenaan dengan relevansi mutu pendidikan, antara lain .....
A. Perkiraan yang tidak sempurna terhadap inovasi
B. Belum meratanya kemampuan hasil mencar ilmu diantara siswa di dalam kelas
C. Konflik antar siswa dan motivasi yang kurang sehat
D. Kurang adanya kekerabatan sosial dan publikasi
E. Lemahnya aneka macam faktor penunjang sehingga mengakibatkan tidak berkembangnya penemuan pembelajaran
32. Yang termasuk kewajiban seorang dosen ialah ......
A. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan dedikasi kepada masyarakat
B. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial
C. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kiprah dan prestasi kerja
D. Memperoleh proteksi dalam melaksanakan kiprah dan hak atas kekayaan intelektual
E. Memiliki kebebasan dalam memperlihatkan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik
33. Berikut ini ialah hak seorang dosen, kecuali .....
A. Memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, jalan masuk sumber belajar, informasi, sarana dan prasarana pembelajaran serta penelitian dan dedikasi kepada masyarakat
B. Memiliki kebebasan dalam memperlihatkan penilaiaan dan penentuan kelulusan peserta didik
C. Memiliki kebebasan untuk berserikat dalam organisasi profesi/organisasi keilmuan
D. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan kiprah dan prestasi kerja
E. Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, kondisi fisik tertentu, atau latar belakang sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran
34. Pengembangan muatan lokal untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK perlu memperhatikan beberapa prinsip pengembangan sebagai berikut kecuali .....
A. Utuh
B. Objektif
C. Kontekstual
D. Apresiatif
E. Fleksibel
35. Inspektorat Jenderal Departemen melaksanakan audit kinerja terhadap lembaga-lembaga berikut kecuali ......
A. Instansi Kepala Sekolah
B. Kantor Pusat Unit Utama Departemen
C. LPMP
D. BSNP
E. BAN-PT
36. Yang tidak termasuk aspek penilaian kurikulum ialah .......
A. Evaluasi hasil implementasi kurikulum
B. Evaluasi implementasi kurikulum
C. Evaluasi dokumen kurikulum
D. Evaluasi reflektif
E. Evaluasi komprehensif
37. Penilaian hasil mencar ilmu yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk melihat pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran mencakup hal berikut, kecuali .....
A. menentukan KKM setiap mata pelajaran dengan memperhatikan peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik
B. mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan tamat semester, dan ulangan kenaikan kelas C. menentukan kriteria kenaikan kelas bagi satuan pendidikan yang memakai sistem paket melalui rapat dewwan pendidik
D. menerbitkan ijazah setiap peserta didik yang lulus UN
E. menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian awal semester
38. Pada Juli 2013 kemudian Sekretaris Jenderal Kemenag Bahrul Hayat menyatakan bahwa Kemenag akan memprioritaskan 4 kebijakan pendidikan pada 2014. Berikut kebijakan tersebut, kecuali .....
A. Pendidikan Menengah Universal (PMU)
B. Jenjang pendidikan tingkat dasar dan menengah yang berbasis internasional
C. implementasi kurikulum 2013
D. alokasi dukungan siswa miskin
E. membangun sekitar 12 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia ( MAN IC ) gres di beberapa provinsi
39. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 menyertakan 5 lampiran yang memuat perihal beberapa pedoman yang berkaitan dengan Implementasi Kurikulum 2013, yaitu kecuali ....
A. Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
B. Pedoman Pengembangan Muatan Lokal
C. Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
D. Pedoman Umum Pembelajaran
E. Pedoman Evaluasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
40. Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen sesuai UU guru dan Dosen ialah sebagai berikut kecuali ....
A. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa dan idealisme
B. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan dan adat mulia
C. Mampu mengenal karakteristik setiap mahasiswa di perguruan tinggi
D. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas
E. Memiliki kompetensi yang diharapkan sesuai dengan bidang tugas
41. Guru diharus mempunyai kemampuan berfikir yang tidak kaku dan gampang diadaptasi dengan tuntutan situasi yang dihadapi, berarti sikap guru harus memilki ….
A. keluwesan kogenitif
B. keterbukaan psikologis
C. keajegan spiritual
D. pribadi sebagi pemimpin
Pembahasan : A. keluwesan kogenitif. Karena jikalau dalam menghadapi situasi gres akan berfikir kritis dan kreatif
42. Salah satu bentuk kompetensi kogentif Guru diantaranya ….
A. menjelaskan konsep faktual
B. memperlihatkan contoh perilaku
C. memperlihatkan contoh gerak dasar
D. mempunyai rasa kasih sayang
Pembahasan : A. menjelaskan konsep faktual alasannya ialah hal tersebut bekerjasama dengan pengetahuan
43. Dengan diberikan menyebarkan bentuk permainan kubus, segitiga, dan silinder, anak bisa menentukan dan mencocokkan gambar-gambar yang ada di dalam sebuah agenda komputer. Kegiatan menyerupai ini sanggup diartikan sebagai kegiatan bermain yang melibatkan....
A. seluruh badan dan pikiran
B. mencar ilmu ialah proses penciptaan
C. mencar ilmu ialah proses yang terjadi secara simultan
D. proses mencar ilmu akan terjadi jikalau seseorang melaksanakan sebuah aktivitas
Pembahasan: A. seluruh badan dan pikiran.
aktivitas yang melibatkan kegiatan fisik dan mental, yaitu mencar ilmu sambil melaksanakan sesuatu.
- belajar ialah proses penciptaan pengetahuan dalam diri individu.
- belajar ialah proses yang terjadi secara simultan, salah karena, informasi dan pengetahuan yang diperoleh terjadi secara holistik.
- proses mencar ilmu akan terjadi jikalau seseorang melaksanakan sebuah aktivitas, salah karena, hasil belajarnya hanya sebuah kegiatan bermain dan belajar.
44. Dikala seorang siswa mengatakan”Saya tidak bisa Pak”. Yang paling sempurna tindakan guru supaya anak mau melaksanakan latihannya, yaitu dengan cara ....
A. membandingkan dengan temannya
B. memberi sanksi dengan kiprah gerak yang lebih berat
C. memarahi dengan kata cemoohan
D. disuruh untuk berhenti latihan
Pembahasan : A. membandingkan dengan temannya.
karena dengan cara ini siswa tersebut akan termotivasi, tidak mau kalah oleh temannya
45. Dalam teknik pemecahan duduk masalah verbal, seorang guru bertanya, “apakah ada balasan lain yang lebih tepat?” Teknik tersebut termasuk ....
A. mengemukakan balasan masalah
B. reaksi terhadap jawaban
C. latihan pengulangan
D. diskusi pemecahan masalah
Pembahasan: B. reaksi terhadap balasan yang salah alasannya ialah prakteknya, guru harus menandakan sikap positif, tidak eksklusif memvonis salah
45. Guru mengawasi kegiatan mencar ilmu semua siswa dalam pembelajaran penjas, termasuk taktik training yang dinamakan ....
A. pengamatan menyeluruh
B. terabaikan yang bersifat selektif
C. keterlibatan langsung
D. taktik penanganan dari dekat
Pembahasan: A. pengamatan dan pengawasan tertuju pada siswa secara eksklusif dan menyeluruh
46. Pada dikala di kelas, anak suka bercakap dengan temannya ketika guru mengajar. Peristiwa tersebut termasuk tahap perkembangan afektif berdasarkan Masser, pada tingkat....
A. tak bertanggung jawab
B. pengendalian diri
C. tanggungjawab pribadi
D. keterlibatan
Pembahasan: A. tak bertanggung jawab alasannya ialah anak tidak akan bisa dan bertanggungjawab atas perbuatannya.
47. Cara penerapan disiplin yang diterapkan Carter, yaitu jikalau siswa melaksanakan pelanggaran pertama maka dieksekusi dengan ....
A. orang tuanya dipanggil
B. dipanggil kepala sekolah
C. siswanya diperingati
D. siswa dikucilkan selama 10 menit
Pembahasan: C. siswanya diperingati alasannya ialah cara ini merupakan pelanggaran yang paling ringan dan dilakukan yang pertama
48. Pembelajaran yang berorientasi pada proses mencar ilmu rangkaian, seharusnya memperlihatkan kesempatan pada siswa untuk ...
(1). melaksanakan satu urutan kegiatan tanpa terputus.
(2). mengulang urutan kegiatan dengan tepat.
(3). mengganti kegiatan dengan kegiatan yang lain.
Pembahasan : A. Jika (1) dan (2) yang benar Jawaban yang benar ialah 1 dan 2. Karena dengan mengurutkan kegiatan dan mengulang kegiatan tanpa terputus dan tepat, akan membuat siswa gampang mengingatnya.
49. Dalam proses pembelajaran, supaya proses pembelajaran sanggup berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali ....
A. mendorong siswa untuk membuat keputusan sendiri.
B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan.
C. mengusahakan suasana mencar ilmu yang menyenangkan.
D. memasukkan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya.
Pembahasan : B. memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan. Karena dengan memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan, maka proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan efektif
50. Dalam proses pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk mengerjakan kiprah bersama dengan teman
A. mengobrol bersama.
B. bertukar informasi.
C. saling percaya
D. saling memahami.
Pembahasan: B. bertukar informasi. Karena dengan mengerjakan kiprah bersama, siswa sanggup menyebarkan informasi dan saling mengoreksi, bahkan berperan sebagai tutor sebaya untuk temannya.
Demikian Soal Pembahasan SKB GURU Sumber https://www.imaginepennhills.com