-->

K13 2019: Rpp Kurikulum 2013 Kelas Viii Smp/Mts Revisi (Semua Mapel)

RPP K13 Revisi 2019 - Selamat tiba di semester 2 genap Tahun Pelajaran 2018/2019, berikut admin sampaikan kumpulan RPP Kurikulum 2013 Revisi terbaru, khususnya untuk kelas 8 SMP/MTs Semua Mapel.
 berikut admin sampaikan kumpulan RPP Kurikulum  K13 2019:  RPP Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Revisi (Semua Mapel)


RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs Revisi Terbaru

Berikut salah satu pola RPP K13 Kelas 8 SMP/MTs:

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi pokok : Teks Berita
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Alokasi Waktu : 12 JP ( 6 Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasaingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abnormal (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsurteks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2 Menelaah struktur dan kebahasaanteks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca berita
4.1 Menyimpulkanisidari berita(membanggakan dan memotivasi) yang dibacadan didengar
4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk beritasecara mulut dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan,atauaspek mulut (lafal, intonasi,mimik, kinesik).

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Menjelaskan Pengertian teks berita
3.1.2 Menganalisis Unsur-unsur isu (5 W+1H)
3.1.3 Menganalisis Ringkasan dan penyimpulan berita.
3.1.4 Menganalisis Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
3.1.5 Mengidentifikasi Tanggapan terhadap isi berita.
3.1.6 Menganalisis unsur-unsur teks isu (membanggakan dan memotivasi) yang didengardan dibaca.
3.2.1 Menganalisis Struktur teks isu yang mencakup Kepala berita
3.2.2 Menganalisis Struktur teks isu yang mencakup Tubuh berita
3.2.3 Menganalisis Struktur teks isu yang mencakup Ekor Berita
3.2.4 Menganalisis Kaidah- kaidah kebahasaan teks berita.
3.2.5 Menganalisis Bahasabaku dan tidak baku (pengayaan)
4.1.1 Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
4.2.1 Menyajikan isi dari isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

C. Tujuan pembelajaran
Pertemuan pertama
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Memahami Pengertian teks berita
Pertemuan kedua
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Mengetahui Unsur-unsur isu (5 W + 1H)
Pertemuan ketiga
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Mengetahui Langkah- langkah menyimpulk an pokok- pokok berita.
Pertemuan keempat
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Mengetahui Struktur teks isu yang mencakup Kepala berita
Pertemuan kelima
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Membuat Ringkasan dan penyimpulan berita.
Pertemuan keenam
Selama dan sehabis mengikuti proses pembelajaran ini akseptor didik dibutuhkan dapat:
Membuatisi dari isu (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar

Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Fakta
Soal bocor, UN di ulang
b. Konsep
Pengertian Teks Berita
c. Prinsip
Sruktur Teks Berita
d. Prosedur
Menyusun teks Berita


E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Modul/bahan ajar,
4. Internet,
5. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
  • Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2019

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                 Guru Mata Pelajaran


…………………………………      ………………………………….
NIP/NRK.                                          NIP/NRK.

Selengkapnya, silahkan Bapak/Ibu download disini

RPP Bahasa Inggris  Kelas VIII SMP/MTs Revisi Terbaru

Berikut salah satu pola RPP K13 Kelas 8 SMP/MTs, untuk mapel Bahasa Inggris :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : VIII/ Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi : It’s English Time
Alokasi Waktu : 16 JP (8 Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)

3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal mulut dan tulis yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4. 1 Menyusun teks interaksi interpersonal mulut dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, serta meminta dan mengungkapkan pendapat, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1.1 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan meminta perhatian
3.1.2 Menyebutkan ungkapan meminta perhatian
3.1.3 Merespon ungkapan meminta perhatian
3.1.4 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari ungkapan mengecek pemahaman
3.1.5 Menyebutkan ungkapan mengecek pemahaman
3.1.6 Merespon ungkapan mengecek pemahaman
3.1.7 Mengidentifikasi fungsi social dan unsurkebahasaan dari ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.8 Menyebutkan ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.9 Merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik
3.1.10 Mengidentifikasi fungsi social dan unsur kebahasaan dari meminta dan mengungkapkan pendapat
3.1.11 Menyebutkan ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat
3.1.12 Merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat 3.1.1 Menulis teks mulut sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta perhatian.
3.1.2 Menulis teks mulut sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan mengecek pemahaman
3.1.3 Menulis teks mulut sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan menghargai kinerja yang baik.
3.1.4 Menulis teks mulut sederhana untuk mengucapkan dan merespon ungkapan meminta dan mengungkapkan pendapat.

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian aktivitas pembelajaran pesertadidik dapat:
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks untuk mendapat perhatian secara mulut maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks untuk mendapat perhatian
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mendapat perhatian
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks untuk mengecek pemahaman secara mulut maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks untuk mengecek pemahaman
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mengecek pemahaman
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks tindakan menghargai kinerja yang baik secara mulut maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks tindakan menghargai kinerja yang baik
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks tindakan menghargai kinerja yang baik
Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks mengungkapkan pendapat yang baik secara mulut maupun tulisan.
Memahami struktur teks (memulai dan menanggapi) teks mengungkapkan pendapat
Menerapkan unsur kebahasaan baik ungkapan ataupun ucapan mengenai teks mengungkapkan pendapat
Dengan penuh rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik

D. Materi Pembelajaran Reguler
1. Fungsi Sosial
Menjaga kekerabatan interpersonal dengan guru dan teman
2. Struktur Teks
- Memulai
- Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
3. Unsur Kebahasaan
- Ungkapan a.l. Excuse me, Is it clear?, Great, I think so., dsb.
- Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan goresan pena tangan
4. Topik
Interaksi antara siswa dan guru di dalam dan di luar kelas yang tindakanmeminta perhatian, mengecek pemahaman, menghargai kinerja, meminta dan mengungkapkan pendapat yang sanggup menumbuhkanperilaku yang termuat di KI

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode pembelajaran : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media LCD projector,
2. Laptop,
3. Bahan Tayang
4. Whiteboard
5. Spidol
6. Penggaris

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Kamus Bahasa Inggris
4. Modul/bahan ajar,
5. Internet,
6. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2019

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                  Guru Mata Pelajaran


……………………………              …………………........
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.

Selengkapnya, silahkan klik disini

 
RPP PJOK Kelas VIII SMP/MTs Revisi Terbaru

Berikut salah satu pola RPP K13 Kelas 8 SMP/MTs, untuk mapel Penjas :

Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola Voli
Alokasi Waktu : 6 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit


A. Kompetensi Inti
• KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati pedoman agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
• KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
• KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abnormal sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar

3.1 Memahami variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
4.1 Mempraktikkan variasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional

Indikator
3.1.1. Mengidentifikasikan banyak sekali variasi gerak spesifik permainan bola voli.
3.1.2. Menjelaskan variasi gerak spesifik dalam permainan bola voli.
3.1.3. Menjelaskan cara melaksanakan gerakan passing dan servis, smes dan block.
4.1.1. Melakukan variasi gerak spesifik passing dan servis, smes dan block dalam permainan bola voli.

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik dibutuhkan dapat:
• Mengidentifikasikan banyak sekali variasi gerak spesifik permainan bola voli.
• Menjelaskan variasi gerak spesifik dalam permainan bola voli.
• Menjelaskan cara melaksanakan gerakan passing dan servis, smes dan block.
• Melakukan variasi gerak spesifik passing dan servis, smes dan block dalam permainan bola voli.

D. Materi Pembelajaran
Bolavoli:
• Variasi passing bawah
• Variasi passing atas
• Variasi servis bawah
• Variasi servis atas
• Variasi smes/spike
• Variasi block/ bendungan

E. Metode Pembelajaran
Metode yang dipakai dalam pembelajaran pemainan bola voli antara lain.
• Cakupan (Inclusive).
• Demonstrasi.
• Bagian dan keseluruhan (Part and Whole).
• Timbal-balik (Resiprokal).
• Jigshaw.
• Periksa sendiri (selfcheck).
• Penugasan.
• Project Based Learning.
• Problem-Based Learning.
• Pendekatan Scientific.

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. Media:
a. Gambar gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
b. Video pembelajaran gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
c. Model akseptor didik atau guru yang memperagakan gerak spesifik passing bawah dan servis bawah bola permainan bola voli.
2. Alat dan Bahan:
a. Lapangan permainan bola voli atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket, halaman sekolah, atau lapangan terbuka).
b. Bola voli atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
c. Jaring /net bola voli atau sejenisnya (tali plastik).
d. Peluit dan Stopwatch.
e. Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

G. Sumber Belajar
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan kelas VIII, Buku PJOK lain yang relevan, internet, narasumber, lingkungan sekitar, dan sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian

a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
Terlampir


3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.
……………, 16 Juli 2019

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                  Guru Mata Pelajaran

……………………………             …………………………….
NIP/NRK.                                        NIP/NRK.

 Selengkapnya, silahkan Bapak/Ibu download disini


RPP Prakarya dan Kewirausahaan ( Budidaya ) Kelas VIII SMP/MTs Revisi Terbaru

Berikut salah satu pola RPP K13 Kelas 8 SMP/MTs, untuk mapel Prakarya dan Kewirausahaan (Budidaya) :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SMPN/S
Mata Pelajaran : Prakarya Aspek Budidaya
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Materi Pokok : Komoditas Ternak Kesayangan
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 4 JP (2Pertemuan)


A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasaingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalamranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) danranah abnormal (menulis, membaca, menghitung,menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumberlain yang sama dalam sudut pandang / teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)

3.1 Memahami komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat
4.1 Menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang sanggup dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.1 Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
3.1.2 Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
3.1.3 Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4.1.1 Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4.1.2 Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat
4.1.3 Menyajikan hasil dan memilih Jenis dan persyaratan hidup ternak kesayangan

C. Tujuan Pembelajaran
Dengan aktivitas diskusi kelompok dalam pembelajaran Komoditas Ternak Kesayangan ini dibutuhkan siswa terlibat aktif dalam aktivitas pembelajaran dan bertanggungjawab dalam memberikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta mampu:
• Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
• Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
• Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta mempunyai sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta bisa berkomukasi dan berhubungan dengan baik

D. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
kelinci,
hamster,
burung,
ayam hias,
reptil,
kucing,
dan lain-lain
2. Konsep
Ternak yang ada ketika ini bermula dari binatang hewan yang liar. Manusia melaksanakan penjinakan (domestikasi) sebab adanya kepentingan terhadap binatang liar tersebut. Beberapa binatang dipelihara sebagai sumber materi baku industri, atau sebagai pembantu pekerjaan manusia. Selain itu, binatang ternak juga sanggup berfungsi sebagai binatang peliharaan sebab ciri khas/keunikan yang dimilikinya. Suara yang unik, bulu yang halus dan indah, sikap yang lucu, merupakan alasan seseorang memelihara ternak tersebut. Hewan yang dipelihara sebab kekhasan dan keunikan inilah yang disebut ternak hias.
3. Prinsip
Menjelaskan konsep pengembangan ternak kesayangan.
Mengidentifikasi persyaratan kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Mengidentifikasi persyaratan pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat.
4. Prosedur
Menentukan jenis-jenis kebutuhan pakan ternak kesayangan diwilayah setempat.
Menentukan jenis-jenis pemeliharaan ternak kesayangan diwilayah setempat
Menyajikan hasil dan memilih Jenis dan persyaratan hidup ternak kesayangan

E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific Learning
2. Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3. Metode Pembelajaran : ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) Ceramah, Diskusi/Tanya jawab, Penugasan

F. Media, Alat dan Bahan Pembelajaran
1. LKS
2. White board
3. Spidol
4. Media LCD projector,
5. Laptop,
6. Bahan Tayang ( Slide power point)

G. Sumber Belajar
1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Buku Guru Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Internet
4. Sumber lain yang relevan

H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup


I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
 

1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan ganda
b) Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek, pengamatan, wawancara’
Mempelajari buku teks dan sumber lain wacana materi pokok
Menyimak tayangan/demo wacana materi pokok
Menyelesaikan kiprah yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio / unjuk kerja
? Laporan tertulis individu/ kelompok
3) Produk,

2. Instrumen Penilaian
Terlampir

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial

  • Remedial sanggup diberikan kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM maupun kepada akseptor didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua kepingan : remedial sebab belum mencapai KKM dan remedial sebab belum mencapai Kompetensi Dasar
  • Guru memberi semangat kepada akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memperlihatkan kiprah bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal).
b. Pengayaan
  • Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan akseptor didik mengenai materi pembelajaran yang sanggup diberikan kepada akseptor didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
  • Pengayaan sanggup ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai janji dengan akseptor didik.
  • Direncanakan menurut IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas.

……………, 16 Juli 2019

Mengetahui
Kepala SMPN/S                                Guru Mata Pelajaran

……………………………              ………………………….
NIP/NRK.                                         NIP/NRK.


Catatan Kepala Sekolah
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................


 Selengkapnya, silahkan klik disini

RPP Matematika  Kelas VIII SMP/MTs Revisi Terbaru

Adapun untuk mendapat filenya, silahkan eksklusif saja klik disini
dan kami sematkan juga paket RPP lain yang bisa anda jadikan sebagai referensi, diantaranya :
Operasi Aljabar (download)
Relasi dan Fungsi (download)
Persamaan Garis Lurus (download)
Sistem Koordinat (download)
Teorema Pythagoras (download)
Statistika (download)
Persamaan Linear Dua Variabel (download)
Persamaan Kuadrat (download)
Lingkaran (download)
Bangun Ruang Sisi Datar (download)
Perbandingan (download)
Peluang (download)

RPP Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII SMP/MTs Revisi Terbaru

Adapun untuk mendapat filenya, silahkan eksklusif saja klik disini
 
RPP IPA  Kelas VIII SMP/MTs Revisi Terbaru

Adapun untuk mendapat filenya, silahkan eksklusif saja klik disini
 
 
 Demikian yang terbaru, terkait dengan K13 2019:  RPP Kurikulum 2013 Kelas VIII SMP/MTs Revisi (Semua Mapel)

Sumber https://www.imaginepennhills.com
LihatTutupKomentar